Berusia 32 Tahun, Calon Menpora Dito Ariotedjo Sudah Kaya Pengalaman Jadi Pemimpin

- Senin, 3 April 2023 | 13:06 WIB
Politisi muda Partai Golkar Dito Ariotedjo bersama Presiden Jokowi. (instagram/@ditoariotedjo)
Politisi muda Partai Golkar Dito Ariotedjo bersama Presiden Jokowi. (instagram/@ditoariotedjo)

Politisi muda Partai Golkar Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali. Pelantikan bakal digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023) sore. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan terhadap Dito yang akan menjadi Menpora ini dilaksanakan sekitar pukul 16.00 WIB. Dito pun akan menjadi menteri termuda di kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di usia 32 tahun.

"Iya, hari ini pelantikan," kata sumber di pemerintahan.

Baca Juga: Profil Dito Ariotedjo, Calon Menpora yang Bakal Dilantik oleh Presiden Jokowi Hari Ini

Latar belakang Dito Ariotedjo

Selain menggeluti dunia politik, Dito juga merupakan seorang pengusaha muda yang bisnisnya merambah di berbagai sektor. Di antaranya, usaha di bidang energi, pertahanan, coworking space, dan startup yang berada di bawah bendera Grupara Ventures. 

Selain itu, Pria kelahiran Jakarta 25 September 1990 juga tercatat pernah menjadi Komisaris Utama di perusahaan PT. Kartika Kara Eka Nusa dan Syailendra Pangan Indonesia.

Adapun dalam riwayat organisasi kepemudaan, pria 32 tahun ini aktif berorganisasi di Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), HIPMI Jaya (Jakarta Raya) tahun 2010, dan menjabat sebagai ketua pada tahun 2016. 

Saat ini, Dito menjabat sebagai Dewan Kehormatan HIPMI Jaya. Dia juga terlibat sebagai Ketua PPK Kosgoro 1957 dan Anggota Dewan Penasehat PP Perbasi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Menpora dan Kepala BNPT Baru Hari Ini

Kemudian pada Pilpres 2019, Dito adalah salah satu juru bicara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

Olahraga bukan dunia baru bagi Dito. Pasalnya, ia bersama Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor Rudy Salim membentuk dan membesarkan Rans Sport. Tak tanggung-tanggung, ia kini menjabat sebagai Chairman klub sepakbola Rans Nusantara FC.

-
Politisi muda Partai Golkar Dito Ariotedjo (instagram/@ditoariotedjo)

Pada April 2022, Dito dipercaya untuk masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Ia menduduki posisi anggota tim ahli yang termuda dari tujuh anggota lainnya.

Dengan dilantiknya Dito menjadi Menpora oleh Presiden Jokowi, maka bisa dikatakan dia menjadi menteri termuka di dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X