The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sedih! Indonesia Juara Tanpa Kibaran Merah Putih di Piala Thomas, Diganti Bendera PBSI
Cuplikan video saat bendera PB PBSI berkibar saat Indonesia juara Piala Thomas. (photo/Twitter)
Sport

Sedih! Indonesia Juara Tanpa Kibaran Merah Putih di Piala Thomas, Diganti Bendera PBSI

Senin, 18 Oktober 2021 00:31 WIB 18 Oktober 2021, 00:31 WIB

INDOZONE.ID - Pada Minggu (17/10) Indonesia akhirnya juara Piala Thomas, menyudahi penantian 19 tahun. Namun, ironinya Indonesia tak bisa mengibarkan Merah-Putih saat perayaan Piala Thomas.

Seperti diketahui, Indonesia dijatuhi sanksi oleh Badan Antidoping Dunia (WADA) akibat keteledoran Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) tidak bisa memenuhi tes doping plan (TDP) 2020 dan juga belum memenuhi TDP untuk 2021.

Alhasil, atlet kebanggan Indonesia terpaksa harus ditemani bendera pengganti yakni dengan logo Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). 

Tampak, saat atlet kebanggaan Indonesia naik podium pertama dengan iringan bendera PB PBSI.

Terkait hal tersebut, Ketua NOC Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari turut menyayangkan sanksi yang diberikan WADA sehingga membuat bendera 'Merah Putih' tak bisa berkibar di Ajang Olahraga Internasional, khusunya di Piola Thomas.

Baca juga: Kerja Sama RI-Turki Siap Hasilkan Nama Jalan Ataturk di Jakarta

"Saya sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia bangga dengan penampilan Tim Thomas kita, tetapi juga sekaligus sangat kecewa dan sedih karena seremoni medali dengan bendera PBSI," ujarnya.

Karena hal itu, Okto menegaskan agar LADI bisa segera bertanggung jawab. Sebab, 19 tahun Indonesia mendambakan membawa pulang Piala Thomas ke Tanah Air, tetapi saat juara justru bendera Merah Putih tidak bisa ditampilkan.

Disisi lain, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) turut mengungkapkan kegembiraannya karena tim bulu tangkis Indonesia berhasil merebut kembali Piala Thomas setelah penantian 19 tahun, dengan mengalahkan tim China 3-0, di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

“Piala Thomas akhirnya kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya,” tulis Presiden Jokowi di akun resmi instagram.

Presiden menyampaikan selamat kepada seluruh tim bulu tangkis Indonesia yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani berharap upaya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang telah meminta Indonesia agar tak dijatuhi sanksi oleh WADA bisa membuahkan hasil.

"Agar tidak ada dampak berkepanjangan sehingga nama baik Indonesia di bidang olahraga tetap bisa dipertahankan," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US