Indonesia Raup 16 Emas di Sea Games 2023 Kamboja, Terbaru di Renang dan Pencak Silat

- Senin, 8 Mei 2023 | 07:51 WIB
Pesilat Puspa Arumsari berpose usai memenangkan medali emas dalam cabang olahraga pencak silat nomor tunggal putri artistik di SEA Games Kamboja, Minggu (7/5/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Pesilat Puspa Arumsari berpose usai memenangkan medali emas dalam cabang olahraga pencak silat nomor tunggal putri artistik di SEA Games Kamboja, Minggu (7/5/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Persaingan negara-negara Asia Tenggara itu dalam perburuan medali emas SEA Games 2023 mulai berlangsung sengit. Dalam dua hari penyelenggaraanya, Indonesia kini berada di posisi ketiganya.

Mengutip Antara, daftar perolehan medali yang disiarkan laman resmi SEA Games 2023 pada Minggu hingga pukul 23.00, tuan rumah Kamboja masih memimpin perolehan medali dengan 29 emas, 21 perak, dan 22 perunggu.

Peringkat kedua dalam klasemen medali silih berganti ditempati kontingen Indonesia dan Thailand, dan kini juga dibayangi oleh tuan rumah SEA Games sebelumnya, Vietnam.

Indonesia sempat menduduki peringkat kedua setelah meraup 16 emas, 11 perak, dan 24 perunggu. Tidak lama kemudian Thailand juga mengumpulkan 16 emas 17 perak dan 26 perunggu, yang menggeser posisi Indonesia dari posisi kedua.

Baca Juga: Menpora Kamboja Minta Maaf Atas Insiden Bendera Terbalik, Sebut Indonesia Bakal Sukses

Kabar baik kontingen Indonesia pada Minggu diawali dari cabang balap sepeda yang melanjutkan dominasi mereka dengan meraih emas ketiga cabang tersebut nomor Estafet Cross Country Relay (XCR) Campuran di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja.

Skuad Merah Putih menurunkan komposisi terbaik. Dari sektor putra ada dua bersaudara Feri Yudoyono dan Zaenal Fanani, serta untuk putri Sayu Bella Sukma Dewi dan Dara Latifah.

Mereka berhasil finis tercepat dengan catatan waktu 50 menit 11 detik. Indonesia mengalahkan Thailand yang menurunkan Keerati Sukprasart, Phunsiri Sirimongkhon, Supuksorn Nuntana, dan Warinthorn Pheypraphan yang meraih perak dengan catatan waktu 51 menit 44 detik.

Medali emas kembali dipersembahkan atlet vovinam Indonesia Manik Trisna Dewi Wetan dan kali ini melalui nomor Yin Yang Sword Form Putri. Vovinam adalah olahraga bela diri asal Vietnam yang dipraktikan dengan atau tanpa senjata.

Manik keluar sebagai juara dengan total skor 271, mengalahkan pesaing-pesaing kuat dari Myanmar, Thailand, hingga tuan rumah Kamboja pada ajang yang digelar di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh itu.

Pada Sabtu (6/5), Manik juga meraih medali emas di cabang seni atau performance di nomor Dragon Tiger Form Putri.

Dari cabang karate, setelah penantian selama empat kali mengikuti SEA Games, karateka Sandi Firmansyah akhirnya meraih emas perdananya di edisi ke-32 ajang olahraga tersebut yang digelar di Kamboja.

Emas dari renang dan pencak silat

-
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa menunjukan medali emas SEA Games 2023 di Aquatics Center, Morodok Techno National Stadium, Kamboja, Minggu (7/5/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/YU

Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa dan Masniari Wolf sukses mengawinkan medali emas pada nomor 50 meter gaya punggung putra dan putri SEA Games XXXII/2023 Kamboja di Morodok Tecno National Aquatics Center, Phnom Penh.

Siman yang tampil lebih dulu berhasil menjadi yang terdepan dengan mencatatkan waktu 25,16 detik.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X