Ketum KOI Pede Indonesia Bakal Cetak Sejarah di Olimpiade Paris 2024

- Sabtu, 27 Mei 2023 | 14:45 WIB
Logo Olimpiade Paris 2024. (paris2024.org)
Logo Olimpiade Paris 2024. (paris2024.org)

Ketum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, memberikan prediksi terkait kiprah kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Ia optimistis Indonesia mampu mencetak sejarah baru pada pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

Catatan positif ia yakini dapat diraih melalui peningkatan jumlah atlet yang lolos kualifikasi hingga tambahan keping medali.

Meski demikian, Okto menilai, hal pertama yang perlu dilakukan adalah federasi nasional perlu bergerak aktif berpartisipasi dalam proses kualifikasi menuju Olimpiade.

Baca Juga: Demi Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Ahsan/Hendra Enggan Beri Juniornya Kemudahan

“Sebab yang paling penting adalah ikut proses kualifikasinya, sehingga lebih banyak atlet yang qualified. Saya cukup optimis di Olimpiade Paris kita akan membuat sejarah baru,” kata Okto, seperti INDOZONE dari Antara, Sabtu (27/5/2023).

“Kita akan membuat sejarah baru dalam peraihan hasil medali dibanding Olimpiade sebelumnya. Ini kesempatan emas, kita dorong supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Mungkin nanti itu akan jadi hadiah buat Pak Presiden Joko Widodo,” imbuhnya.

-
Ketua KOI (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari (Dok. NOC Indonesia)

Cabor Bulutangkis Masih Jadi Andalan Indonesia di Olimpiade

Indonesia tercatat membawa pulang medali emas terbanyak di Olimpiade 1992 Barcelona. Kala itu, Merah Putih berhasil mengawinkan medali emas melalui pebulutangkis di nomor tunggal putra dan putri, Susy Susanti dan Alan Budikusuma. Selanjutnya medali emas yang dimiliki Indonesia di Olimpiade selalu diberikan oleh cabang olahraga tepok bulu.

“Yang ingin saya wujudkan adalah saya ingin dapat medali emas terbanyak selama Indonesia ikut Olimpiade. Di atas kertas, Indonesia bisa dapat dua emas. Kalau kita bisa dapat tiga emas, itu sudah rekor baru untuk kita,” ujar Okto.

Angkat Besi Jadi Harapan Baru Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Ia menjelaskan potensi Paris 2024 bisa didapat dari cabang olahraga lain, salah satunya angkat besi. Indonesia memiliki lifter-lifter muda hingga senior andal yang diyakini mampu memecahkan penantian emas di Olimpiade, di antaranya Rahmat Erwin Abdullah yang baru mencetak rekor dunia clean&jerk kelas 73kg putra di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Kolombia. Ia juga membuktikan prestasi ketika bersaing di kelas 81kg putra di level regional.

Baca Juga: Sebanyak 6,8 Juta Tiket Olimpiade Paris 2024 Sudah Ludes Terjual

“Sport program Olimpiade Paris juga ada sport climbing, dan nomor andalan kita yaitu speed dipertandingkan. Surfing mudah-mudahan bisa masuk, saya juga confident terhadap panahan karena mereka mempersiapkan diri dengan sangat serius. Saya kira pasti banyak kejutan di Paris 2024,” terang Okto.

Okto yang didukung mayoritas federasi nasional untuk kembali melanjutkan kepemimpinan di NOC Indonesia ini juga melihat tren positif yang ditunjukkan dari cabang olahraga beregu untuk Olimpiade ke depan. Sebab, Indonesia mampu menunjukkan tren positif di cabang olahraga beregu sejak SEA Games 2019 Manila hingga 2023 Kamboja.

“Kalau bisa cabang olahraga beregu ini lolos ke kualifikasi Olimpiade pasti bagus. Ini sudah menjadi ambisi saya sejak jadi CdM (Chef de Mission) Olimpiade Rio 2016,” kata Okto.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X