The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

8 Tips Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga dengan Langkah Mudah
Ilustrasi olahraga (photo/pexels/William Choquette)
Sport

8 Tips Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga dengan Langkah Mudah

Selasa, 23 Maret 2021 17:15 WIB 23 Maret 2021, 17:15 WIB

INDOZONE.ID - Akan tiba masanya motivasi olahraga kamu menghilang dan kamu tidak lagi semangat berolahraga. Padahal biasanya kamu termasuk rajin melakukan aktivitas fisik demi kesehatan tubuhmu.

Hal tersebut wajar kok, kamu enggak perlu menyalahkan diri sendiri. Kamu bukan atlet yang punya tujuan untuk memenangkan pertandingan. Tetapi enggak ada salahnya kamu kembali melakukan olahraga.

Kalau kamu kekurangan motivasi, ada beberapa cara mengembalikan semangat olahraga yang bisa kamu lakukan agar kamu konsisten lagi berolahraga. Dijamin, rasa malas kamu akan berkurang!

Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga

Mengembalikan motivasi olahraga memerlukan tips dan trik tertentu agar semangatmu kembali membara. Berikut Indozone bagikan cara meningkatkan motivasi olahraga yang bisa kamu coba dengan mudah.

1. Tentukan Tujuan Realistis


cara meningkatkan semangat olahraga
Ilustrasi olahraga (photo/pexels/Karolina Grabowska)

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk mengembalikan semangat olahraga adalah dengan menentukan tujuan.

Apalagi jika tujuan kamu berolahraga tidak realistis, seperti hendak menurunkan berat badan 10 kilo atau menguruskan badan dalam waktu 30 hari.

Sebaiknya buatlah tujuan yang masuk akal dan sesuai dengan kemampuan, misalnya berolahraga rutin 3 kali seminggu selama 20-30 menit.

2. Cari Olahraga yang Menyenangkan


cara mengembalikan motivasi olahraga
Ilustrasi olahraga menyenangkan (photo/pexels/Andrea Piacquadio)

Olahraga yang menyenangkan akan membuat kamu lebih bersemangat melakukannya  secara rutin, sehingga berat badan akan turun secara bertahap.

Dengan melakukan olahraga favorit, kamu juga tidak merasa terbebani dan lebih berkomitmen untuk melaksanakan olahraga.

Kamu bisa memilih olahraga favorit misalnya futsal, badminton, berenang, bersepeda, berlari, berjalan kaki, yoga, zumba, lompat tali, atau hula hoop.

3. Mulai Olahraga 7 Menit


mengembalikan motivasi olahraga
Ilustrasi olahraga 7 menit (photo/pexels/Ketut Subiyanto)

Cara mengembalikan motivasi olahraga yang telah hilang bisa kamu coba dengan permulaan olahraga selama 7 menit saja.

Kebiasaan sederhana yang mudah kamu lakukan ini akan memberikan dampak yang besar jika dilakukan secara rutin.

Pasti durasi olahraga kamu makin hari makin meningkat, karena kamu sudah terbiasa melaksanakan olahraga singkat.

4. Dengarkan Musik


mengembalikan semangat olahraga
Ilustrasi mendengarkan musik (photo/pexels/Andrea Piacquadio)

Menurut penelitian, musik terbukti meningkatkan kemampuan fisik kamu saat berolahraga, loh!

Irama pada musik mampu membuat kamu "tidak sadar" sedang mengeluarkan tenaga selama berolahraga, sehingga durasi olahraga kamu menjadi lebih lama.

Putarlah musik kesukaanmu dengan irama yang menghentak, agar kamu makin semangat berolahraga.

5. Cari Teman Olahraga


cara mengembalikan semangat olahraga
Ilustrasi olahraga bersama teman (photo/pexels/Andrea Piacquadio)

Kalau olahraga sendirian bikin kamu kehilangan motivasi dengan cepat, sudah saatnya kamu mencari teman saat berolahraga!

Ajaklah teman terdekatmu untuk berolahraga, apalagi jika ia juga memiliki tujuan yang sama dalam berolahraga, agar kalian bisa saling memotivasi.

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan yaitu mengikuti temanmu yang memang suka berolahraga atau bergabung dengan komunitas olahraga.

6. Buat Jurnal Olahraga


cara meningkatkan motivasi olahraga
Ilustrasi jurnal olahraga (photo/pexels/Jess Bailey Designs)

Kamu sebaiknya mencatat setiap proses olahraga yang kamu lakukan, agar kamu bisa menemukan target apa saja yang sudah kamu capai.

Dengan rutin mencatat, kamu akan mengetahui seberapa jauh perjuangan kamu dalam berkomitmen melakukan olahraga.

Kamu juga bisa membuat jurnal olahraga agar bertanggung jawab untuk tetap menjaga aktivitas fisik setiap harinya.

7. Beri Diri Sendiri Hadiah


meningkatkan motivasi olahraga
Ilustrasi hadiah (photo/pexels/Sora Shimazaki)

Kalau kamu berhasil menjalankan rencana olahraga yang sudah kamu buat, kamu pantas banget dapat hadiah!

Buatlah daftar hadiah sederhana yang ingin kamu berikan ke diri kamu sendiri jika telah melewati waktu tertentu.

Misalnya, hadiah berupa perawatan di salon, traveling di akhir pekan, atau cheating day sepuasnya selama sehari.

8. Hindari Membandingkan 


kembali semangat olahraga
Ilustrasi olahraga (photo/pexels/Andrea Piacquadio)

Selama berolahraga, pasti kamu akan menemukan orang yang lebih bugar dengan bentuk badan yang lebih ideal.

Hal ini terkadang membuat semangat kamu mengendur, atau bahkan kehilangan motivasi karena merasa minder dan rendah diri.

Itulah mengapa kamu enggak perlu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Fokuslah pada diri sendiri demi mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Itulah cara mengembalikan motivasi olahraga yang mulai hilang. Yakinlah, kamu akan berterima kasih kepada dirimu sendiri setelah berhasil berkomitmen untuk olahraga secara rutin. Selamat berolahraga!

Artikel Menarik Lainnya:

Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US