Raih 5 Medali di Olimpiade Tokyo, Prestasi Indonesia Meningkat dari Rio 2016

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 10:36 WIB
Pebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Polii (kiri) dan Apriyani Rahayu memperlihatkan medali emas yang berhasil mereka raih  (ANTARA /Sigid Kurniawan)
Pebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Polii (kiri) dan Apriyani Rahayu memperlihatkan medali emas yang berhasil mereka raih (ANTARA /Sigid Kurniawan)

 

Kontingen Indonesia dipastikan mendapat total 5 medali dari Olimpiade Tokyo 2020. Perolehan medali dalam olimpiade kali ini, meningkat 2 keping dari Olimpiade Rio sebelumnya, dengan rincian 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Adapun perolehan medali emas dipersembahkan dari cabang olahraga bulu tangkis nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang berhasil mengalahkan atlet asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 2 gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-15.

Selang beberapa jam atas kemenangan bulu tangkis ganda putri, Indonesia kembali menambahkan medalinya atas keberhasilan Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil merebut medali perunggu cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra.

Anthony berhasil meraih medali usai kalahkan atlet dari Guatemala, Kevin Cordon dengan skor 21-11 dan 21-13. Dengan begitu, Anthony jadi atlet ketiga Indonesia yang berhasil meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, setelah 2 medali perunggu sebelumnya diraih oleh lifter Indonesia, Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah.

Adapun satu-satunya perolehan medali perak untuk Indonesia dipersembahkan oleh Eko Yuli Irawan, lifter usia 32 yang berhasil menempati posisi kedua di kelas 61 kg putra. Dengan tambahan medali tersebut, Eko menjadi atlet Indonesia dengan peraihan medali terbanyak dalam sejarah olimpiade dengan total keseluruhan 4 medali sejak debutnya pada tahun 2008.

Dengan total 5 medali dari Olimpiade Tokyo 2020, pencapaian kontingen Indonesia meningkat dari Olimpiade Rio 2016 yang hanya membawa 3 medali dengan rincian 1 emas dan 2 perak.

Indonesia kini menempati posisi ke-35 atas 5 perolehan medali dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020 hingga Selasa (3/8) pagi. Indonesia berhasil mengalahkan negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina (50), Thailand (51) dan Malaysia (75).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X