MotoGP Tambah Batas Umur Minimal Pembalap Muda Demi Tingkatkan Keselamatan

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:05 WIB
Ilustrasi pembalap MotoGP (REUTERS/Jamie Harms)
Ilustrasi pembalap MotoGP (REUTERS/Jamie Harms)

Menyusul sejumlah insiden kecelakaan fatal yang melibatkan pembalap muda di kejuaraan junior belakangan ini, MotoGP memutuskan menambah batas umur minimal pembalap menjadi setidaknya 18 tahun mulai 2023.

Sebelumnya, usia minimal pembalap di Moto2 dan Moto3, dua balapan di bawah MotoGP, saat ini berada di umur 16 tahun.

Namun, seperti dilansir Reuters, Sabtu (23/10/2021), setelah penyelenggara mengumumkan perubahan regulasi keselamatan, sementara, usia minimal pembalap akan dinaikkan 1 tahun mulai 2022.

Perubahan regulasi keselamatan itu diputuskan oleh FIM dan promotor MotoGP Dorna Sports dalam pertemuan di Sirkuit Misano jelang Grand Prix Emilia-Romagna.

"Menaikkan usia minimal untuk setiap kategori dari balapan motor adalah keputusan yang diambil untuk memastikan jalur yang lebih aman bagi semua pebalap yang memulai dan melanjutkan karier mereka," demikian pernyataan FIM dan Dorna Sports.

Selain itu, banyaknya pembalap juga akan dikurangi di seri junior lainnya yang berada di bawah naungan FIM.

Baca Juga: Tragis! Pembalap Moto3 Berusia 14 Tahun Tewas Dalam Kecelakaan di Sirkuit Aragon Spanyol

Seri World Supersport 300, di mana Vinales mengalami kecelakaan fatal, akan membatasi starting grid menjadi 32 pebalap dari 40 yang berpartisipasi saat ini.

Penggunaan airbag juga akan menjadi kewajiban di semua kejuaraan balap sirkuit sprint FIM dan saat ini sedang dikembangkan sistem peringatan untuk memberitahu pebalap apabila ada kecelakaan di depan.

Adapun kecelakaan pembalap muda belakangan ini di antaranya, Dean Berta Vinales, pembalap berusia 15 tahun yang merupakan sepupu pebalap MotoGP Maverick Vinales, tewas setelah terjatuh dan ditabrak sejumlah pebalap lain di balapan pendukung World Superbike di Spanyol bulan lalu.

Pada Juni, pembalap 14 tahun Hugo Milan meninggal menyusul kecelakaan di kejuaraan junior di MotorLand Aragon, Spanyol.

Kemudian, pembalap Moto3 Jason Dupasquier (19), juga tidak terselamatkan nyawanya pada Mei setelah mengalami kecelakaan saat kualifikasi untuk GP Italia di Mugello.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X