PON Papua 2020 Resmi Ditunda Hingga Tahun Depan

- Kamis, 23 April 2020 | 11:57 WIB
Pembangunan venue Aquatic PON XX Papua di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)
Pembangunan venue Aquatic PON XX Papua di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua, resmi ditunda hingga Oktober tahun depan. Ajang ini seharusnya digelar pada 20 Oktober-2 November 2020.

“Dari laporan yang kami sampaikan, baik oleh Menko PMK dan Menpora, maka Bapak Presiden memutuskan pelaksanaan PON dan Peparnas yg ke-19 yang digelar pada bulan Oktober ditunda menjadi Oktober 2021,” kata Zainudin dalam telekonferensi pers di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Keputusan tersebut disepakati dalam rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo, Kamis pagi dengan agenda tunggal pembahasan tentang kelanjutan pelaksanaan PON Papua yang direncanakan digelar pada Oktober 2020.

Pengunduran PON Papua juga telah disesuaikan agar tidak bentrok dengan multievent olahraga internasional tahun depan, seperti Piala Dunia U-20 (Mei-Juni 2021), SEA Games Vietnam (November 2021), Olimpiade serta Paralimpiade Tokyo (Juli-Agustus 2021).

Sebelumnya, Komisi X DPR RI mendesak pesta olahraga empat tahunan itu ditunda karena mengkhawatirkan kemungkinan pandemi COVID-19 tak kunjung reda menjelang ajang itu digelar.

Belum lagi, pemberlakuan pembatasan wilayah di Papua juga telah membuat pengerjaan venue yang ditargetkan selesai Juli tahun ini, terganggu.

Usulan penundaan PON 2020 juga dilayangkan oleh KONI Pusat, KONI Daerah, dan sejumlah pengurus cabang olahraga. Berbagai pihak menilai bahwa pandemi COVID-19 telah mempengaruhi persiapan para atlet dan kontingen.

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X