Indonesia Bantai Arab Saudi di FIBA Asia Cup 2022, Marques Bolden Cetak Poin Tertinggi

- Selasa, 12 Juli 2022 | 22:04 WIB
Marques Bolden lawan Arab Saudi di FIBA Asia 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Marques Bolden lawan Arab Saudi di FIBA Asia 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pemain naturalisasi asal Amerika Serikat Marques Bolden mencetak gol tertinggi saat Timnas Basket Indonesia membantai Arab Saudi 80-54 dalam fase Grup A Piala FIBA Asia 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Bolden, 24 tahun, berkontribusi besar atas kemenangan Merah Putih malam ini dengan meraih double-double 32 poin dan 16 rebound, serta enam blok. Abraham Damar Grahita menyumbang 13 poin, Andakara Prastawa 20 poin dan 9 assist, dibantu Derrick Michael dengan 8 poin dan 14 rebound.

Penampilan Indonesia pada laga malam ini bisa dibilang jauh lebih baik dibanding pertandingan melawan Arab Saudi di laga kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023, Jumat (1/7/2022) lalu.

Tim yang kini ditangani Milos Pejic itu cukup berjaya dalam aspek mencetak poin dari paint area, rebound maupun blok. Hanya saja, Marques Bolden dkk masih banyak melakukan turnover.

Baca juga: Hyundai Bangun Pabrik Mobil Listrik Pertama di Korsel, Target 2025 sudah Produksi

Jalannya Pertandingan

Laporan pertandingan melansir Antara, Indonesia mengawali pertandingan malam ini dengan menurunkan starting five Andakara Prastawa, Abraham Damar Grahita, Brandon Jawato, Marques Bolden, dan Derrick Michael.

Bolden langsung menunjukkan taringnya di awal kuarter pertama dengan melesakkan empat tembakan beruntun yang berbuah delapan poin bagi Indonesia.

Namun tak butuh waktu lama bagi Arab Saudi untuk mengejar ketertinggalan melalui rentetan tembakan tiga angka demi menipiskan margin poin dalam kedudukan 13-18 di akhir kuarter pertama.

Kuarter Kedua

Pada kuarter kedua, Arab Saudi tampak kesulitan menembus paint area Indonesia. Tim asuhan Mohamed Mounir Eljerdany itu pun memilih mengandalkan serangan dari luar agar bisa mencetak angka.

Pertahanan yang kuat dari tim Indonesia membawa mereka bertahan memimpin hingga paruh pertama pertandingan ditutup dalam keunggulan 14 angka.

Usai turun minum, pertandingan berlangsung makin ketat dengan kedua tim saling berupaya menerobos ke paint area lawan. Bolden masih menjadi tulang punggung tim Indonesia di kuarter ketiga berkat blok dan tembakan akuratnya dari bawah ring demi menjaga keunggulan tim Merah Putih pada kedudukan 61-45.

Penonton yang memenuhi stadion Istora GBK pun makin bergemuruh ketika tripoin Abraham di 11 detik tersisa memastikan kemenangan bagi Indonesia atas Arab Saudi 80-54.

Indonesia masih menyisakan dua laga tersisa, yaitu melawan Yordania pada Kamis (14/7/2022) sebelum bersua dengan Australia dua hari berikutnya.

Andakara Prastawa dkk harus mengantongi setidaknya dua kemenangan selama fase grup Piala FIBA Asia demi menjaga asa lolos delapan besar sekaligus hak untuk tampil kembali di depan publik sendiri di Piala Dunia FIBA 2023.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X