Cedera Kepala Usai Duel, Petarung MMA Brazil Ini Meninggal Dunia

- Kamis, 23 September 2021 | 12:31 WIB
Lucas Gabriel Peres, petarung MMA Brazil yang meninggal di usia 22 tahun (Istimewa)
Lucas Gabriel Peres, petarung MMA Brazil yang meninggal di usia 22 tahun (Istimewa)

Seorang petarung muda MMA Brazil meninggal dunia di usia 22 tahun setelah mengalami cedera kepala dalam pertarungan awal bulan ini.

Adalah Lucas Gabriel Peres, seorang petarung amatir dari kota Peabiru, Midwestern, yang bertarung dalam kompetisi K-1 di Maringa pada 11 September lalu dan dirawat di rumah sakit setelah pertarungannya.

Hanya satu jam setelah pertandingannya, Lucas mengeluh sakit kepala dan setelah tiba di rumah bersama keluarga, dia dibawa ke rumah sakit di Campo Mourão.

Sayangnya, kondisinya dilaporkan memburuk hingga dia dikirim ke Rumah Sakit Metropolitan Sarandi, di mana dia dinyatakan meninggal pada Sabtu 18 September.

Baca Juga: Keras! Mike Tyson Akui Biasa Berkelahi dengan Ayah dari Lawannya di Jalanan Saat Kecil

Menurut laporan dari G1 Globo, penyelenggara acara mengatakan mereka telah menghubungi keluarga dan belum bersedia memberikan komentar dalam waktu dekat.

Otoritas medis setempat yang dikenal sebagai Instituto Médico Legal (IML) saat ini sedang menyelidiki penyebab kematian petarung tersebut di mana sertifikat kematiannya menyatakan bahwa ia menderita trauma kepala.

Sebelumnya, Lucas berkompetisi sekali di tingkat amatir, kalah dalam pertarungan pada Mei dari Leandro Pires, dan kembali ke kompetisi di turnamen awal bulan ini.

Keselamatan para petarung yang bertanding di MMA memang telah dikhawatirkan oleh sejumlah ahli medis.

Pada tahun 2016, mantan penasihat medis World Rugby Dr Barry O'Driscoll, kerabat legenda Irlandia Brian, menyerukan perawatan yang lebih besar atas cedera kepala dalam olahraga.

"Kita semua tahu selama beberapa tahun terakhir kekhawatiran yang muncul karena cedera kepala dan kekhawatiran yang muncul dengan cedera kepala ringan dan gegar otak ringan," katanya.

"Namun, di sini kita menyaksikan orang-orang yang tidak mampu lagi setelah dipukul kepalanya. Dunia macam apa yang kita tinggali?" pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X