Imbas Invasi ke Ukraina, F1 GP 2022 di Rusia Batal Digelar

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 12:37 WIB
F1 GP di Rusia dibatalkan. (REUTERS/Maxim Shemetov)
F1 GP di Rusia dibatalkan. (REUTERS/Maxim Shemetov)

Invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina berdampak besar ke dunia olahraga. Setelah final Liga Champions di Rusia batal, kini giliran F1 menarik diri dari Negeri Beruang Putih.

Kabar ini diketahui dari pernyataan resmi F1 pada Jumat (25/2/2022) malam WIB. Keputusan tersebut diambil karena serangan Rusia terhadap Ukraina.

"Kami menyaksikan perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan keterkejutan dan harapan untuk penyelesaian yang cepat dan damai untuk situasi saat ini," tulis pernyataan F1 dikutip dari laman resmi.

"Pada Kamis [24/2] malam [waktu setempat] Formula 1, FIA, dan tim membahas posisi olahraga kami, dan kesimpulannya adalah, termasuk pandangan semua pemangku kepentingan terkait, bahwa tidak mungkin menggelar Grand Prix Rusia dalam situasi saat ini," lanjut pernyataan tersebut.

Sejatinya, F1 GP 2022 akan digelar di Sochi Autodrom pada 25 September mendatang. Dengan dibatalkannya balapan Rusia, maka F1 GP 2022 hanya akan memiliki 22 putaran dengan race pembuka di Bahrain 20 Maret.

Baca Juga: Juara Dunia One Championship Angela Lee, Kaget dan Merasa Wow?

Meski sudah mencoret Rusia, namun dalam situs mereka, F1 hanya menghapus bendera Rusia. Sedangkan tanggal dan nama balapan tersebut masih tercantum, pada 23-25 September.

F1 sendiri belum memberikan keterangan lebih lanjut apakah ada sirkuit pengganti untuk pembatalan ini atau balapan jadi berkurang.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X