The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sandiaga Uno: Terkait MotoGP Indonesia 2022, Utamakan Akomodasi!
Ajang MotoGP Indonesia Grand Prix 2022 di Mandalika NTB (ANTARA/HO-Istimewa)
Sport

Sandiaga Uno: Terkait MotoGP Indonesia 2022, Utamakan Akomodasi!

Tersedia homestay.

Sabtu, 08 Januari 2022 13:36 WIB 08 Januari 2022, 13:36 WIB

INDOZONE.ID - "Ajang MotoGP Indonesia Grand Prix 2022 di Mandalika NTB dijadwalkan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 menjadi prioritas," ungkap Sandiaga Uno.

Seperti diketahui, balap motor bergengsi dan bertaraf Internasional tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi Indonesia yang menjadi tuan rumah.

Untuk itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap ketersediaan akomodasi untuk wisatawan ter-cover dengan optimal.

Menteri yang juga gemar bersepeda itu, berkoordinasi dengan seluruh pihak mulai dari pemerintah daerah, dunia usaha, serta para pengelola desa wisata di NTB untuk mencapai prioritas tersebut.

"Ajang MotoGP ini menjadi peluang untuk berinovasi khususnya dalam penyediaan homestay, karena ada arahan dari Presiden (Joko Widodo) melibatkan pariwisata yang berkeadilan. Jadi pengelola homestay ini juga dibantu mempersiapkan tempat penginapan, khususnya di desa-desa wisata," ungkap Sandiaga sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, Jumat.

Ketersediaan akomodasi didukung sarana hunian pariwisata dan rumah masyarakat yang sudah diadaptasi menjadi homestay, sehingga dapat dimanfaatkan para wisatawan.

Dikutip dari Antara, sejumlah alternatif akomodasi berupa bumi perkemahan (camping ground) dikatakan juga tengah dipersiapkan.

Nantinya, para wisatawan yang tersebar di wilayah Lombok terkoneksi melalui angkutan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

“Kegiatan MotoGP ini membutuhkan kerja sama yang terintegrasi bukan hanya lintas kementerian-lembaga, namun juga seluruh pemangku kepentingan, termasuk komunitas masyarakat," kata dia.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2022 Lengkap dengan Kalender Tes Pramusim

Selain memenuhi kebutuhan akomodasi para wisatawan, lanjutnya, tetapi ajang MotoGP juga menggerakan ekonomi masyarakat setempat terutama di Pulau Lombok serta Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Diharapkan MotoGP menjadi ajang promosi desa wisata sebagai upaya membangkitkan ekonomi Indonesia untuk menyejahterakan masyarakat.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor
JOIN US
JOIN US