Zainudin Amali Serahkan Surat Pengunduran Diri Sebagai Menpora ke Mensesneg

- Kamis, 9 Maret 2023 | 13:49 WIB
Menpora RI Zainudin Amali memimpin rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga untuk persiapan penyelenggaraan F1 Powerboat 2023 Danau Toba. (Dok. Kemenpora)
Menpora RI Zainudin Amali memimpin rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga untuk persiapan penyelenggaraan F1 Powerboat 2023 Danau Toba. (Dok. Kemenpora)

Zainudin Amali mengaku telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Zainudin mengundurkan diri dari kursi Menpora setelah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa lalu.

"Pagi ini saya baru saja ketemu dengan pak Mensesneg, saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya, dari posisi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga," kata Zainudin di kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: Menpora Mundur Usai Jadi Waketum PSSI: Lapor Dulu, Kan Kita Pembantu Presiden

Atas pengunduran dirinya, Zainudin mengatakan akan menemui Presiden Jokowi. Adapun keputusan Zainudin mundur sebagai Menpora lantaran dirinya terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

"Tentu itu masih berupa surat, memang saya harus ketemu bapak presiden, beliau sekarang tidak ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari senin akan bertemu dengan pak presiden," ungkap Zainudin.

"Kan teman-teman menanyakan kapan akan mengantarkan suratnya, hari ini tanggal 9 Kamis, saya sudah antarkan. Tinggal tunggu saja, kan keputusannya ada di bapak presiden, bukan di saya," imbuhnya. 

Baca Juga: Menpora Pastikan Arak-arakan Trofi Tour Piala Dunia U-20 2023 hingga ke Papua

Zainudin menuturkan, soal penggantinya di Menpora merupakan keputusan Presiden Jokowi. Ia mengaku, hanya akan fokus mengurus PSSI.

"Hak penggantinya adalah hak prerogatif bapak presiden, sebagaimana yang pernah saya sampaikan beberapa waktu lalu secara informal, secara lisan saya sudah sampaikan ke presiden, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus salah satu cabang olahraga,” tutur Zainudin. 

“Karena enggak etis bagi saya, sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga mengurusi semua cabang olahraga, kok hanya berfokus pada satu cabang, itu akhirnya saya minta izin pak presiden dan beliau izinkan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X