Jawab Tantangan Era Digital, IBL kembali Gelar Liga Virtual

- Senin, 18 April 2022 | 16:05 WIB
Logo Indonesian Virtual Basketball League (IVBL). (Dok. IBL)
Logo Indonesian Virtual Basketball League (IVBL). (Dok. IBL)

Sudah kali ketiga Indonesian Basketball League (IBL) menggelar turnamen basketball secara virtual bertajuk Indonesian Virtual Basketball League (IVBL). Hal ini adalah upaya IBL untuk terus berkembang mengingat pesatnya kemajuan teknologi.

Di gelarnya IVBL pun juga menjadi satu cara untuk mendekatkan basket ke pasar anak muda yang semakin kini semakin lekat dengan dunia digital. Tentu dengan e-sports, tujuan itu bisa diwujudkan.

Menurut laporan Vero dan Decision Lab, esports telah berkembang menjadi platform yang berpengaruh dimana orang-orang membuat identitas, membangun kehadiran online, dan terhubung dengan dunia luar. 

Studi tersebut menyoroti bahwa lebih dari 52 juta orang Indonesia kini memainkan game esports, mulai dari pemain mobile hingga pelatihan pro gamer untuk kompetisi internasional.

Berdasarkan laporan tersebut, 76% dari 470 responden dari gamer, watcher, dan streamer setuju bahwa mereka bermain game atau menonton streaming untuk tujuan hiburan. Sementara itu, sekitar 82% gamer mengatakan mereka menikmati bermain sendiri dan terhubung dengan orang lain secara online.

Pada tahun ini, IVBL menggandeng Indosat Ooredoo Huritchon sebagai pendukung utamanya.

“Esports telah berkembang pesat di Indonesia dan berkembang menjadi budaya mainstream. Kami melihat partisipasi kami dalam IVBL memberikan peluang untuk memasuki kancah esports yang sedang booming di negara ini dan membuat dampak yang luar biasa,” kata SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang dalam keterangannya, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Chandrika Chika Ramai Disebut Sebagai Wanita Penyebab Putra Siregar-Rico Valentino Ditahan 

“Dua produk unggulan kami, IM3 dan Tri, telah menjadi top of mind di kalangan anak muda dan komunitas gaming. Partisipasi kami ini sejalan dengan komitmen kami untuk menghubungkan dan memberdayakan setiap orang Indonesia, yang pada kesempatan ini adalah generasi muda bangsa yang tertarik dengan esports dan yang ingin menjadi pemain esports professional,” sambung Steve.

Pertandingan IVBL sendiri telah dimulai sejak Kamis (14/04/2022) lalu dengan 16 top tim yang terdaftar dengan sistem gugur. Untuk semakin memeriahkan acara ini, beberapa public figure juga turut serta dalam IVBL 2022. Di antaranya ada Young Lex, Pandu Winoto, Gerald Yohanes, dan Fadi Iskandar. Bahkan, dikabarkan bahwaq Daniel Wenas akan turut serta menjadi salah satu peserta IVBL tahun ini. 

Sore ini  pukul 16:20 IVBL akan memulai pertandingan hari ke-5nya. Pada Game 1, akan ada West Bandits Diablo dan Mutineers yang akan bertanding. Sementara di Game 2 akan ada Invicta dan Colorado Wolves. Seluruh pertandingan IVBL bisa disaksikan melalui live streaming Youtube dan Twitch.

Penulis: Keyla Melodia Klees

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X