The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Insiden Bongkar Peti Kargo Ducati Jelang WSBK Mandalika Jadi Perhatian Aparat Pengamanan
Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal. (ANTARA/HO-Humas Polda NTB)
Sport

Insiden Bongkar Peti Kargo Ducati Jelang WSBK Mandalika Jadi Perhatian Aparat Pengamanan

Hanya miskomunikasi?

Kamis, 11 November 2021 14:47 WIB 11 November 2021, 14:47 WIB

INDOZONE.ID - Insiden bongkar peti kargo berisi motor Ducati Panigale V4R tunggangan Michael Ruben Rinaldi, oleh oknum yang diduga dari panitia penyelenggara Mandalika Grand Prix Association (MGPA), menjadi perhatian aparat keamanan.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, mengatakan pihaknya telah menanggapi insiden tersebut dengan lebih meningkatkan koordinasi pengamanan dengan panitia penyelenggara yang bertanggung jawab di dalam area balap dan sirkuit.

Baca Juga: Bikin Malu! Ducati Ngamuk Kotak Kargonya Dibuka Ilegal oleh Panitia Lokal Mandalika

"Kita sudah minta MGPA dan Dorna Sports untuk melakukan verifikasi," kata Iqbal di Mataram seperti dilansir dari Antara, Kamis (11/11/2021).

Dari informasi panitia penyelenggara, Iqbal menyampaikan tidak ada barang yang hilang dari aksi bongkar peti kargo berisi motor pembalap Aruba.it Racing-Ducati bernomor 21 tersebut.

"Jadi sebenarnya tidak ada kegiatan gangguan keamanan di situ. Hanya miskomunikasi. Dorna dan MGPA yang koordinasi. Sudah clear," ucap dia.

Meskipun demikian, Iqbal menyayangkan insiden itu bisa terjadi di salah satu paddock pembalap yang berada di area sirkuit, yang notabene berada di luar kendali aparat. Padahal, 58 personel Brimob Polda NTB sudah bersiaga penuh di lapis ketiga pengamanan, terhitung sejak sebulan lalu.

"Makanya kita juga mengingatkan agar selain yang berkepentingan, tidak boleh ada yang membuka (peti kargo)," ujarnya.

Namun, Polda NTB yang merupakan leading sector pengamanan menjadikan insiden tersebut sebagai bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan tugas lapangan, termasuk koordinasi dengan panitia penyelenggara yang bertanggung jawab dalam pengamanan di lapis pertama dan kedua (area balap dan sirkuit).

"Kita sudah atensi, jadi siapa pun yang masuk, harus seizin mereka (panitia penyelenggara) dulu," ucap dia menegaskan.

Insiden bongkar peti kargo tersebut terungkap setelah viral di media sosial melalui sebaran video berdurasi 26 detik. Video tersebut memperlihatkan aksi seseorang berkemeja putih, yang diduga panitia penyelenggara Mandalika Grand Prix Association (MGPA), membuka cover atau penutup kendaraan balap tunggangan Rinaldi yang pernah mendapat gelar juara European Superstock 1000 Championship 2017.

Kendaraan balap godokan tim Aruba.it ini akan tampil bersama Rinaldi dalam ajang World Superbike (WSBK) 2021 seri terakhir di Mandalika International Street Circuit, pada 19-21 November mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Lanjar Wiratri
JOIN US
JOIN US