The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Erick Thohir Bangga Tim Basket Indonesia Raih Emas SEA Games hingga Jadi Sejarah Baru
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)
Sport

Erick Thohir Bangga Tim Basket Indonesia Raih Emas SEA Games hingga Jadi Sejarah Baru

Senin, 23 Mei 2022 19:55 WIB 23 Mei 2022, 19:55 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ikut gembira dan bahagia atas capaian tim nasional (timnas) bola basket Indonesia yang sukses membawa pulang emas dari ajang SEA Games 2022 di Vietnam.

Dalam unggahan di akun Instagram resminya, @erickthohir, Erick Thohir mengaku sangat bangga karena apa yang diraih para pemain bola basket nasional Indonesia ini adalah sebuah sejarah baru. Ia pun menuliskan "Sejarah" sebagai awalan keterangan video.

Setelah itu, Erick Thohir menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tim nasional bola basket Indonesia. Sebab, medali emas yang diraih timnas bola basket Indonesia tidak terlepas dari dukungan seluruh rakyat Indonesia.

"Terima kasih untuk seluruh masyarakat Indonesia dan semua yang terus mendukung tim Basket Indonesia," tulis Erick Thohir, yang juga menjabat sebagai anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), lebih lanjut dalam akun instagramnya, seperti dikutip Indozone, Senin (23/5/2022).

Medali emas timnas bola basket Indonesia ini memang sungguh-sungguh menjadi sebuah sejarah. Pasalnya, ini adalah emas pertama Indonesia sejak 1977. Hingga SEA Games terakhir di Filipina 2019 lalu,  Indonesia tidak pernah membawa pulang medali emas.

Dengan begitu pula, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mampu mematahkan dominasi Filipina yang menjadi raja bola basket di kawasan Asia Tenggara dalam 33 tahun terakhir. 

BACA JUGA: Tak Ada Lagi "Anak Sultan", Erick Thohir Tanamkan Fondasi Akhlak pada Calon Pegawai BUMN

Sebab, medali emas cabang bola basket di SEA Games sudah identik menjadi milik Filipina. Mereka selalu meraihnya dalam 13 SEA Games terakhir secara berturut-turut.

"Ini menghentikan dominasi Filipina yang meraih 13 kali beruntun emas Sea Games," tulis Erick Thohir lebih lanjut.

Pada bagian lain Erick yang pernah menjadi tim manajer basket SEA Games 2001 dan ketika itu meraih medali perak menyebutkan, torehan tertinggi tersebut menjadi momentum bagus bagi timnas basket yang akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022, Juli mendatang.

"Ini momen kebangkitan dan saya mengapresiasi kerja keras seluruh pemain, pelatih, dan pengurus yang punya motivasi tinggi dan rasa percaya diri besar untuk terus mendorong prestasi bola basket Indonesia di level yang lebih tinggi,"  tambah pria yang juga menjadi IOC member ini.

Sebelum mencapai prestasi medali emas ajang pesta olahraga Asia Tenggara ini, prestasi terbaik Indonesia di SEA Games yaitu empat kali meraih medali perak dan tiga medali perunggu.

Sementara dalam video yang dibagikan Erick Thohir, tampak para pemain timnas bola basket Indonesia merayakan kesuksesan mereka meraih emas, setelah mengalahkan Filipina di partai puncak yang berlangsung di Thanh Tri Gymnasium, Minggu 22 Mei 2022 sore WIB.

Begitu juga para pendukung di pinggir lapangan. Bahkan mereka harus dihalangi oleh petugas keamanan agar tidak berhamburan ke lapangan sebelum laga usai.

 
Artikel Menarik Lainnya:
TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
JOIN US
JOIN US