Jelang MotoGP Mandalika 2022, Pembenahan Sirkuit dan Infrastruktur akan Rampung 14 Maret

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 16:37 WIB
Presiden Joko Widodo mengendarai motor Kawasaki W175 custom saat kunjungan kerja di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). (ANTARA FOTO/Setpres-Agus Suparto)
Presiden Joko Widodo mengendarai motor Kawasaki W175 custom saat kunjungan kerja di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). (ANTARA FOTO/Setpres-Agus Suparto)

Menjelang gelaran MotoGP Mandalika 2022, seluruh pembenahan sirkuit dan infrastruktur penunjang lainnya ditargetkan akan rampung pada 14 Maret mendatang. Dengan demikian, seluruh rangkaian balap motor dunia yang dimulai pada 18 hingga 20 Maret 2022, diharapkan terlaksana dengan sukses.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto dalam siaran pers, Kamis (21/1/2022).

"Termasuk observation gate yang dibangun di bukit 360 derajat, dan Insya Allah, tanggal 14 Maret 2022 sebelum perhelatan tanggal 18 Maret 2022, sudah selesai semua," kata Hadi.

Di luar sirkuit, Hadi mengakui saat ini ia masih terus melakukan pembenahan, di antaranya pelebaran jalan provinsi, dari 2 menjadi 4 jalur. Termasuk pula perbaikan rumah-rumah penduduk, drainase dan penghijauan di luar sirkuit.

Baca Juga: Jadi Pengganti Rossi di Tim Yamaha, Quartararo Merasa Stres

Penghijauan dilakukan mulai di jalur By Pass dari Bundaran Bandara Internasional Lombok hingga ke Bundaran Sunggung.

Hadi juga mengungkapkan jika infrastruktur khusus di dalam Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk race track, race second building dan race elektronik, kini telah rampung dan berfungsi.

Beberapa pekerjaan yang sebelumnya dibenahi kembali, seperti grand stand, VIP village dan temporer facility untuk menambah tempat bagi kepentingan para pembalap dan tim pendukung, Hadi menegaskan seluruhnya telah rampung.

Sementara itu, di sekitar sirkuit Mandalika, yang terdapat 5 bukit, Hadi mengatakan bahwa bukit-bukit tersebut juga sedang dilakukan pembenahan degan penanaman pohon-pohon estetik dan bunga agar terlihat hijau dan cantik di depan kamera.

Mengenai transportasi, baik udara, laut maupun darat, Hadi mengatakan telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

Untuk transportasi darat, akan disediakan angkutan shuttle bus menuju sirkuit Mandalika dari pelabuhan Gili Mas, pelabuhan Lembar, pelabuhan Bangsal, pelabuhan Kayangan dan dari Bandara Internasional Lombok. Sementara transportasi udara sedang dicoba mekanisme commuter flight.

Rencananya, pesawat Airbus A330 akan dijadikan moda penerbangan dari Bali menuju ke Lombok. Hal itu karena diperkirakan penonton dan bahkan tim pendukung pembalap juga menginap di Bali. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X