Kena Diplopia, Akankah Marc Marquez Absen di MotoGP Indonesia 2022?

- Rabu, 17 November 2021 | 15:46 WIB
Marc Marquez (Instagram/marcmarquez93)
Marc Marquez (Instagram/marcmarquez93)

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengalami diplopia atau penglihatan ganda dampak dari gegar otak ringan serta gangguan saraf yang dideritanya akibat terjatuh saat berlatih Motocross pada 30 Oktober 2021 lalu.

Alhasil, pria yang dijuluki The Baby Alien itu terpaksa absen pada dua balapan terakhir MotoGP 2021 yaitu MotoGP Algarve dan Valencia. Bahkan dia harus absen dalam balapan tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Jerez pada 18-19 November 2021.

Pada umumnya, diplopia atau penglihatan ganda hanya berlangsung sementara. Namun untuk beberapa kasus, diplopia bisa menjadi permanen.

Tingkat keparahan suatu kondisi diplopia akan tergantung dari penyebab terjadinya diplopia pada seseorang.

Dilansir Tuttomotoriweb, manajer tim Repsol Honda Alberto Puig mengatakan pihaknya akan tetap menunggu sampai kondisi Marquez benar-benar pulih. Dia sama sekali tidak meragukan Marquez, namun kondisinya saat ini yang membuatnya harus absen pada tes pramusim.

"Tak ada kesempatan untuk dia ikut tes pramusim. Ketika itu terjadi, tak ada yang bisa dilakukan selain menunggu... kami akan menunggu sampai dia kembali bugar," kata Puig.

Sementara itu, eks rider MotoGP Marco Melandri memperkirakan bahwa Marquez akan sulit untuk kembali ke top performanya jika pemulihan diplopia tidak selesai hingga dua bulan ke depan.

Bahkan tak main-main, gangguan penglihatan itu bisa saja membuat karier balap Marquez terhenti.

"Bisakah kita melihat dia yang asli? Itu semua tergantung pada masa pemulihan. Diplopia kurang invasif ketimbang patah tulang, tetapi tidak ada waktu pasti terkait pemulihannya," ujar Melandri kepada Tuttomotori.

Melandri berharap Marquez segera pulih agar bisa kembali ke performa awal. Namun jika sampai di awal 2022 juga tidak pulih, maka akan berdampak besare pada karier balapnya.

"Jika tidak pulih pada awal 2022, itu akan menjadi pukulan terakhir baginya," ujar dia.

Seperti diketahui, MotoGP musim 2022 untuk seri pertama akan mulai digelar pada 6-8 Maret di Sirkuit Losail, Qatar.

Lalu, seri kedua dilanjutkan MotoGP Indonesia yang akan digelar pada 20-23 Maret di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Hingga saat ini, Marquez masih dalam pemulihan diplopia. Jika gangguan yang dialaminya itu berlangsung lama, bukan tidak mungkin dia absen pada balapan seri MotoGP Indonesia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X