Sejarah! Oksana Kozyna Jadi Pebulutangkis Pertama Ukraina yang Juara Dunia

- Senin, 7 November 2022 | 22:02 WIB
Oksana Stanislavovna Kozyna. (Instagram/@bwf.official)
Oksana Stanislavovna Kozyna. (Instagram/@bwf.official)

Sejarah baru tercatat di olahraga bulu tangkis. Oksana Stanislavovna Kozyna menjadi pebulu tangkis pertama Ukraina yang menyabet gelar juara dunia.

Kozyna menjadi juara dunia setelah memenangkan pertandingan final tunggal putri Standing Lower SL 3 pada Kejuaraan Dunia Para-Badminton 2022 di Tokyo, Minggu (6/11/2022).

Atlet yang baru berulang tahun ke-28 pekan ini mengantongi kemenangan atas wakil Turki Halime Yildiz dengan skor 20-22, 21-18, 21-14.

Baca Juga: Gas Terus! Fajar/Rian Dipastikan Tempati Peringkat 3 Dunia Sektor Ganda Putra

“Saya telah mencatatkan sejarah untuk bulu tangkis Ukraina. Belum pernah ada sebelumnya yang pernah memenangi Kejuaraan Dunia. Oksana Kozyna adalah orang pertama yang meraih medali emas untuk badminton Ukraina. Ini sangat luar biasa,” kata Kozyna, dilansir laman resmi BWF, Minggu (6/11/2022).

Kemenangan dia tak terlepas dari bantuan Federasi Bulu Tangkis Jepang yang turut membantu dia serta rekan satu timnya selama tinggal di Jepang.

Baca Juga: Kocak, Axelsen dan Prannoy Guyon di Twitter Rebutan Peringkat 1 BWF World Tour Finals

Kozyna pertama kali muncul di panggung kejuaraan para-bulu tangkis internasional pada 2021. Dia memenangi gelar pertamanya di Dubai Para Badminton International 2021 dengan mengalahkan pemain peringkat satu dunia Manasi Joshi. Gelarnya bertambah saat menjuarai Canada Para Badminton International 2022.

Kozyna pun menaruh harapan untuk tampil di Paralimpiade Paris 2024 dengan Prancis sebagai rumah barunya saat ini juga didukung dengan prestasi bulu tangkis yang terus bersinar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X