Menpora Sebut Timnas Bulutangkis Indonesia Sengaja Disingkirkan dari All England 2021

- Sabtu, 20 Maret 2021 | 11:05 WIB
Menpora Zainudin Amali (ANTARA FOTO/Humas Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali (ANTARA FOTO/Humas Kemenpora)

Menpora Zainudin Amali menyuarakan reformasi organisasi dalam tubuh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Dia menganggap BWF bersikap tidak profesional dalam menyelenggarakan salah satu turnamen bergengsi di dunia, All England 2021.

Tudingan ini setelah BWF memperlakukan tim bulu tangkis Indonesia secara tidak adil dalam All England 2021. Mereka selaku penyelenggara juga dinilai tak bertanggung jawab mengatasi permasalahan yang terjadi.

“BWF tidak profesional, tidak transparan dan diskriminatif karena cukup bukti saya berani mengatakan itu. Oleh karena itu kami sangat kecewa atas perlakuan ini, BWF tidak boleh buang badan berlindung pada aturan Pemerintah Inggris,” kata Zainudin, dikutip Sabtu (20/3/2021).

“Saya meminta NOC (Komite Olimpiade Indonesia) dan PBSI untuk menyuarakan reformasi di BWF. Ini bukan suatu hal yang terjadi tanpa ketidaksengajaan. Saya melihat ini ada unsur kesengajaan untuk menyingkirkan Indonesia,” kata dia menambahkan.

Dia juga menyinggung bagaimana atlet Indonesia yang sudah bertanding dan menang, malah dipaksa mundur di tengah jalan.

Sikap tidak profesional BWF semakin jelas saat para atlet dilarang menggunakan lift untuk meninggalkan arena dan harus kembali ke hotel dengan berjalan kaki.

Kasus ini juga sudah ditanggapi Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya. Dia meminta turnamen All England 2021 dihentikan sementara guna memastikan seluruh tim peserta mendapatkan perlakuan adil.

Seperti diketahui, Tim Indonesia dipaksa mundur dari turnamen BWF World Tour level Super 1000 itu setelah naik pesawat yang sama dengan seorang penumpang positif Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X