Legenda Bulutangkis Lin Dan Putuskan Gantung Raket

- Sabtu, 4 Juli 2020 | 14:39 WIB
Legenda bulutangkis Lin Dan. (instagram/@lindan.world)
Legenda bulutangkis Lin Dan. (instagram/@lindan.world)

Lin Dan yang merupakan atlet bulutangkis asal Tiongkok, memutuskan untuk pensiun dari arena bulu tangkis internasional. Kabar itu diumumkan pada Sabtu (4/7/2020).

Lin mantap untuk pensiun dari arena bulu tangkis, setelah 20 tahun berkarier. Dia sendiri mengakui bahwa pensiun dari bulu tangkis adalah keputusan sulit.

"Sejak 2000 sampai 2020. Setelah 20 tahun, akhirnya saya harus mengatakan selamat tinggal pada Tim Nasional Tiongkok. Sangat sulit untuk mengambil keputusan ini," ungkap Lin dilansir dari CGTN Sport Science.

Ada berbagai faktor yang melatarbelakangi keputusan Lin untuk pensiun. Salah satunya ialah kondisi fisiknya yang sudah tidak 100% lagi.

"Kemampuan fisik serta cedera-cedera yang kuderita tidak mengizinkanku untuk bermain bersama rekan-rekan setimku lagi," sambungnya.

-
Legenda bulutangkis Lin Dan. (instagram/@lindan.world)

Selama 20 tahun berkarier dalam cabang olahraga bulu tangkis, atlet yang kini berusia 37 tahun sudah menoreh 666 kemenangan dan 128 kali kalah.

Keputusannya untuk angkat raket ini, sebenarnya sudah lama diperbincangkan, salah satunya ketika Olimpiade Tokyo 2020 diundur selama satu tahun gegara pandemi corona.

Saat itu, Lin mengatakan bahwa ia tak akan buru-buru mengubur mimpinya untuk bisa bermain di Olimpiade sekali lagi. Namun, harapan itu pupus.

Kini, Lin hanya berharap bisa menghabiskan waktu bersama dengan keluarganya. Ia tak memungkiri, meninggalkan arena lapangan bulu tangkis sangatlah berat baginya.

"Ada rasa keengganan dan frustasi, tapi juga ada rasa syukur di sana. Namun begitu, saya sudah sangat bahagia sempat dipanggil 'Lin Dan dan Timnas Tiongkok', selama karier saya," jelas Lin.

Dalam empat kali pagelaran olimpiade yang diikutinya, Lin berhasil membawa pulang dua medali emas, yaitu di Olimpiade Beijing tahun 2008 dan London tahun 2012. Selain itu, Lin juga menjuarai World Championships sebanyak lima kali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X