Menteri Olimpiade Bersedia Jadi Ketua Olimpiade Tokyo 2020, Gantikan Yoshiro Mori

- Kamis, 18 Februari 2021 | 10:24 WIB
Seiko Hashimoto. (Franck Robichon/EPA)
Seiko Hashimoto. (Franck Robichon/EPA)

Menteri Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto berniat menerima tugas sebagai kepala Tokyo 2020 yang merupakan komite penyelenggara Olimpiade di Jepang, seperti dilansir oleh kantor berita Kyodo, Kamis (18/02).

Dengan begitu dia bisa menjadi pengganti Yoshiro Mori yang mundur akibat pernyataan seksis.

Sebelumnya, Mori mundur sebagai presiden komite pada pekan lalu setelah menyebut wanita terlalu banyak ngomong.

Pernyataan itu semakin memukul Olimpiade Tokyo yang sebelumnya sudah terganggu oleh penundaan dan sangat ditentang publik karena diadakan di tengah pandemic.

Sebuah panitia pemilih sudah mulai bertemu untuk memilih pengganti Mori dengan memasukkan sejumlah kriteria termasuk pemahaman yang mendalam terhadap kesetaraan gender dan keberagaman, serta kemampuan mencapai nilai-nilai itu selama Olimpiade, kata penyelenggara.

Lahir beberapa hari sebelum Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade 1964, Hashimoto mengambil bagian dalam empat Olimpiade Musim Dingin sebagai atlet speed skater dan tiga Olimpiade Musim Panas sebagai pebalap sepeda.

Anggota legislatif dari partai penguasa Jepang, Hashimoto yang berumur 56 tahun ini menjabat menteri Olimpiade merangkap menteri pemberdayaan perempuan sejak 2019.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X