Soal Partisipasi Novak Djokovic di Australian Open, Panitia: belum Bisa Dipastikan

- Senin, 3 Januari 2022 | 12:27 WIB
Petenis Serbia, Novak Djokovic. (REUTERS/Djordje Kojadinovic)
Petenis Serbia, Novak Djokovic. (REUTERS/Djordje Kojadinovic)

Panitia penyelenggara Australian Open belum dapat memastikan keikutsertaan Novak Djokovic di Melbourne menyusul penolakan petenis Serbia itu mengungkap status vaksinasinya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Penyelenggara Australian Open, Craig Tiley pada Minggu (2/1/2022).

“Terkait status Novak, saya kira kita akan segera mendapat gambaran jelasnya dalam beberapa hari ke depan, jika tidak maka sudah sangat terlambat bagi dia untuk tiba dan bermain di Australian Open,” kata Craig kepada Nine Network.

“Masih ada banyak perkembangan dan itu akan segera terjawab beberapa hari ke depan," tambahnya.

Peraih 20 gelar Grand Slam, Djokovic, sebelumnya menolak mengungkapkan apakah dia telah menerima vaksin Covid-19 dan mundur dari turnamen awal musim ATP Cup di Sydney pekan ini tanpa memberikan alasan apapun.

Baca Juga: Tolak Ungkap Status Vaksin, Novak Djokovic Diragukan Tampil di Australian Open

Keputusannya mundur dari ATP Cup kemudian memunculkan spekulasi bahwa petenis berusia 34 tahun itu juga akan melewatkan Australian Open yang akan dimulai pada 17 Januari mendatang.

Pasalnya, berdasarkan kebijakan pemerintah Australia, setiap orang yang ingin memasuki negara tersebut harus sudah divaksinasi Covid-19 atau memiliki surat pengecualian medis.

Ada spekulasi bahwa Djokovic sudah mengajukan permohonan pengecualian vaksin, yang akan dinilai oleh panel ahli independen dan dirahasiakan.

Pemerintah negara bagian Victoria, yang menjadi tuan rumah penyelenggara Australian Open, menegaskan hanya pemain yang telah divaksinasi lengkap yang dapat bertanding dalam turnamen tersebut. Selain itu, tidak ada pengecualian atau keistimewaan bagi siapa pun.

Sementara itu, rival berat Djokovic, Rafael Nadal yang juga mengincar rekor gelar Grand Slam ke-21 itu kini sudah tiba di Melbourne setelah pulih dari Covid-19.

Sedangkan, Roger Federer mengumumkan keputusannya untuk absen karena cedera lutut.

“Kami masih punya sejumlah penerbangan carter yang akan masuk hingga akhir pekan ini sehingga seluruh peserta akan tiba di sini,” pungkas Craig.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X