Dilarang Mudik Lebaran, Atlet SEA Games Diminta Bertahan di Pelatnas

- Selasa, 3 Mei 2022 | 13:56 WIB
Ilustrasi - peluncuran jersey dan apparel tim Indonesia untuk perhelatan SEA Games 2021 di Vietnam. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Ilustrasi - peluncuran jersey dan apparel tim Indonesia untuk perhelatan SEA Games 2021 di Vietnam. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Para atlet perwakilan Indonesia untuk SEA Games Vietnam dilarang mudik dan diminta tetap bertahan di tempat pemusatan latihan nasional (pelatnas) masing-masing saat momen Lebaran 2022 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Chef de Mission kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono dalam siaran pers Komite Olimpiade Indonesia.

Ferry mengatakan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang berdekatan dengan pelaksanaan SEA Games membuat dia perlu lebih waspada menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran para atlet. 

“Ini adalah SEA Games yang tidak biasa karena Hari Raya Idul Fitri berdekatan waktunya dengan penyelenggaraan dan keberangkatan kontingen ke Vietnam. Sebagai CdM, saya mengimbau agar atlet tidak mudik dan tetap menjaga prokes,” kata Ferry dikutip dari Antara, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Rafael Nadal Jadi Tamu Kehormatan Real Madrid, Dapat Kesempatan Tendang Kick-off

 Ferry menjelaskan bahwa para atlet dilarang mudik agar bisa lebih bugar mempersiapkan diri. Ia juga khawatir dengan mudik tahun ini yang kemungkinan bakal jauh lebih ramai apalagi setelah dua tahun sebelumnya diberlakukan larangan mudik.

“Takutnya jika mudik akan terjebak macet sehingga mempengaruhi kondisi kebugaran atlet. Jadi mohon maaf, sebaiknya para atlet tidak melakukan mudik Lebaran untuk tahun ini. Fokus saja untuk SEA Games Vietnam,” ujar dia.

Mengingat SEA Games mepet dengan Lebaran, Ferry memastikan tim CdM Indonesia akan berjuang mempersiapkan semua kebutuhan kontingen Indonesia dengan sangat baik. Selain atlet, semua tim CdM Indonesia, juga harus merelakan masa libur Lebaran untuk tidak mudik.

“Perencanaan adalah kuncinya. Karena itu kami membuat perencanaan dari keberangkatan atlet, selama di Vietnam dan kepulangan dengan sangat matang,” ujar Ferry.

Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam berkekuatan 499 atlet yang akan berpartisipasi pada 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kontingen Indonesia ada penambahan atlet dengan masuknya futsal putra (14), balap sepeda (6), dan renang (1).

Rombongan besar kontingen Indonesia dijadwalkan bertolak ke Vietnam pada 10-11 Mei, sebelum upacara pembukaan dimulai pada 12 Mei mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X