PON Papua Pertandingkan 37 Cabor

- Selasa, 27 Agustus 2019 | 10:45 WIB
Menpora Imam Nahrawi didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (26/8) (Humas/Fitri)
Menpora Imam Nahrawi didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (26/8) (Humas/Fitri)

Setelah melalui rapat terbatas mengenai persiapan penyelenggaraan PON dan Peparnas (Pekan Paralympic Nasional) 2020, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akhirnya mengumumkan bahwa PON 2020 Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga.

Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan usulan 47 cabor yang rencananya akan dipertandingkan dan lebih sedikit dari PON XIX Bandung pada 2016 lalu yang mempertandingkan 44 cabor.

"Tadi diputuskan rasionalisasi cabang olahraga (Cabor) dan jumlah pertandingan, memang 47 cabor dan 700-an pertandingan harus dilihat secara utuh, mana yang mungkin dipertandingkan tapi tidak boleh lepas dari Olimpiade karena itu akan dirasionalisasi menjadi 37 cabor," kata Imam Nahrawi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8).

Menpora tidak menyebut secara spesifik 10 cabor yang dicoret, ia hanya mengatakan jumlah cabor tersebut disesuaikan dengan sport olympic dan kondisi di Papua seperti infrastruktur dan venue.

Agar persiapan dan penyelenggaraan PON lebih maksimal, Menpora melibatkan INASGOC untuk mendampingi sepenuhnya penyelenggaraan PON kali ini.

"Jadi teman-teman INASGOC dan INAPGOC nanti akan mendampingi Pak Gubernur dan PB PON secara keseluruhan agar ini betul-betul menjadi barometer bahwa PON di Papua betul-betul menjadi momentum bergengsi bagi Indonesia di mata dunia." terang Menpora.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X