The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hasil Piala Dunia 2022: Portugal 'Cukur' 6-1, Swiss OTW Pulang Kampung!
Goncalo Ramos berhasil mencatatkan hatrick melawan Swiss. (REUTERS/Carl Recine)
Soccer

Hasil Piala Dunia 2022: Portugal 'Cukur' 6-1, Swiss OTW Pulang Kampung!

Rabu, 07 Desember 2022 04:03 WIB 07 Desember 2022, 04:03 WIB

INDOZONE.ID - Lanjutan babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar mempertemukan Portugal yang menjamu Swiss, di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Rabu dini hari (7/12/2022).

Ada yang mengejutkan dari starting eleven yang diturunkan oleh Fernando Santos, selaku pelatih Portugal, di mana Cristiano Ronaldo harus duduk di bangku cadangan dan posisinya digantikan oleh Goncalo Ramos.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meski tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal tetap pede dan langsung tancap gas dengan menyerang lini pertahanan Swiss yang dikawal oleh Akanji, Schar, Rodriguez, dan Fernandes.

Baca Juga: Dear Cristiano Ronaldo, Ada 'Bidadari Tribun' Piala Dunia 2022 yang Minta Nomor HP Nih!

Namun, serangan bertubi yang dilakukan oleh Bernardo Silva; Bruno Fernandes, Joao Felix, dan Goncalo Ramos belum mampu menggetarkan jala lawan.

Tidak tinggal diam, Swiss mencoba menyerang lewat kaki Breel Embolo. Sayang, tembakan kaki kirinya berhasil diblok barisan pertahanan Portugal.

Goncalo Ramos Portugal
Gol pertama Goncalo Ramos. (REUTERS/Paul Childs)

Pertandingan masuk ke menit 17, supporter Portugal bersorak usai Goncalo Ramos berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai tembakan kaki kirinya tidak mampu dibendung oleh kiper Swiss, Yann Sommer.

Menit 29, Xherdan Shaqiri mencoba peruntungannya lewat freekick. Tendangan kaki kirinya yang keras hanya mampu menghasilkan tendangan penjuru bagi Swiss.

Keasyikan menyerang, Swiss harus kembali kebobolan lewat tandukan Pepe dari jarak dekat, yang mengarah ke arah sudut kiri atas. Assist diberikan oleh Bruno Fernandez yang memaksimalkan tendangan sudut.

Pepe Portugal vs Swiss
Pepe merayakan golnya ke gawang Swiss.(REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Tambahan waktu 4 menit. Tidak ada gol tambahan tercipta, meskipun Portugal mendominasi jalannya pertandingan berkat permainan apik lini tengahnya.

Babak pertama berakhir, Portugal sementara memimpin dengan skor 2-0

Babak Kedua

Masuk ke babak kedua, Swiss memasukan Eray Cömert menggantikan Fabian Schär. Namun, pergantian pemain itu berujung petaka, menit 51 Goncalo Ramos kembali memaksa Yann Sommer memungut bola dari gawangnya.

Goncalo Ramos
Goncalo Ramos kembali mencatatkan namanya di papan skor. (REUTERS/Carl Recine)

Tak mau ketinggalan, João Félix mencoba peruntungannya dengan melakukan tembakan kaki kiri, namun masih belum mampu menuai hasil.

Pepe kembali beraksi, ia melakukan sundulan dari bagian tengah kotak 16 meleset ke kiri setelah menyambut umpan dari Bruno Fernandez. Sayang seribu sayang, sundulannya itu mentah dan tidak menghasilkan apa-apa.

Menit 54, Swiss kembali melakukan perombakan dengan menarik Remo Freuler dan memasukkan Denis Zakaria. Bukan cuma itu saja, Djibril Sow yang tidak mampu berbuat banyak harus rela digantikan oleh Haris Seferovic.

Bukannya pecah telor, Swiss malah harus kembali kebobolan lewat kaki kiri Raphaël Guerreiro dari bagian tengah kotak 16 ke bagian tengah tinggi gawang. Dalam gol ini, Goncalo Ramos berperan penting dengan memberikan Guerreiro assist.

Raphaël Guerreiro Portugal
Raphaël Guerreiro merayakan golnya bersama Bruno Fernandez. (REUTERS/Carl Recine)

Tak mau dipermalukan begitu saja, Swiss akhirnya kembali mencoba melawan. Hasilnya, tendangan Manuel Akanji berhasil merobek gawang Portugal yang dijaga oleh Diogo Costa.

Manuel Akanji
Gol Manuel Akanji ke gawang Portugal. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Dalam pertandingan ini, Goncalo Ramos sepertinya sedang on fire. Di menit 67, ia berhasil mencetak hatrick. Ia memanfaatkan assist dari João Félix dengan kaki kanannya ke bagian tengah kotak 16.

Gol ketiga Goncalo Ramos
Gol ketiga Goncalo Ramos. (REUTERS/Paul Childs)

Tertinggal 5-1, Swiss seperti kehilangan arah. Serangan yang dibangun lewat kaki Xherdan Shaqiri selalu menemui kagagalan. Rapatnya barisan pertahanan Portugal juga membuat Haris Seferovic tidak mampu berbuat banyak.

Baca Juga: Samuel Eto'o Minta Maaf Usai Lakukan Penyerangan Kepada Fans Aljazair di Piala Dunia 2022

Menit 73, Cristiano Ronaldo akhirnya masuk ke lapangan menggantikan João Félix. Otávio yang bermain apik digantikan oleh Vitinha, sementara itu Ricardo Horta menggantikan Goncalo Ramos yang sudah mencetak hatrick.

Hingga menit 90, tidak ada peluang tercipta untuk kedua tim. Skor ini membuat Portugal sedikit mengendurkan serangannya dengan hanya mencoba memanfaatkan serangan balik dengan cepat.

Menit 92, Rafael Leão melakukan tembakan dengan kaki kanannya yang ternyata berhasil merobek gawang Yann Somer. Raphaël Guerreiro layak diberi apresiasi usai memberikan assist manja kepada Leão.

Rafael Leao
Rafael Leao melengkapi kemenangan Portugal atas Swiss 6-1. (REUTERS/Hannah Mckay)

Peluit panjang dibunyikan, Portugal cukur Swiss 6-1. Ronaldo dan kawan-kawan akan menjamu Maroko di babak perempatfinal, yang berhasil mengandaskan perlawanan Spanyol lewat drama adu penalti.

Stastik pertandingan Portugal vs Swiss
Stastik pertandingan Portugal vs Swiss. (REUTERS)

Susunan Pemain

Portugal:

Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Otavio, William Carvalho, Bernardo Silva; Bruno Fernandes, Joao Felix, Goncalo Ramos.

Swiss:

Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schar, Edimilson Fernandes; Grait Xhaka, Remo Freuler; Ruben Vargas, Djibril Sow, Xherdan Shaqiri; Breel Embolo.

Starting Line Up Portugal vs Swiss
Starting Line Up Portugal vs Swiss. (REUTERS)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Bagas Aulia Ananto
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US