The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ronaldo Ternyata Pernah Hampir Gabung Arsenal, Ini 4 Pemain Lainnya yang Nyaris ke Arsenal
Cristiano Ronaldo saat masih bermain untuk Sporting Lisbon. (instagram)
Soccer

Ronaldo Ternyata Pernah Hampir Gabung Arsenal, Ini 4 Pemain Lainnya yang Nyaris ke Arsenal

Sabtu, 30 Oktober 2021 15:12 WIB 30 Oktober 2021, 15:12 WIB

INDOZONE.ID - Selepas tak lagi ditagani oleh Arsene Wenger, nasib Arsenal sampai sekarang masih terus luntang-lantung. Klub asal London Utara itu bahkan tak pernah lagi diperhitungkan sebagai kandidat empat besar yang akan lolos ke Liga Champions.

Tak terkecuali musim ini. The Gunners--julukan Arsenal--sejauh ini baru mampu mengumpulkan 14 poin dari 10 pertandingan Premier League yang sudah dilalui dan tersuruk di posisi kesepuluh, di bawah klub-klub semenjana macam Brighton & Hove Albion dan West Ham. 

Bahkan di awal-awal kompetisi, anak-anak asuh Mikel Arteta sempat terseok-seok setelah dihajar oleh Brentford 2-0, Chelsea 0-2, dan Manchester City 5-0.

Sejumlah pengamat maupun fans Arsenal menilai bahwa buruknya performa Arsenal kurun beberapa musim terakhir tidak terlepas dari perkara belanja pemain. Manajemen Arsenal dinilai terlalu "pelit" untuk membeli pemain bintang, seperti yang dilakukan klub-klub saingan mereka. Di saat yang sama, pembinaan pemain muda juga tidak sebaik di zaman Wenger, sehingga masalah semakin kompleks.

Meski begitu, faktanya, Arsenal bukannya tak pernah mencoba mendatangkan bakal pemain hebat. Bertahun-tahun yang lalu, saat Wenger masih dipercaya sebagai arsitek, The Gunners pernah mencoba mendatangkan sederet calon pemain bintang. Siapa saja mereka? Berikut lima di antaranya.

1. Paul Pogba

ist
Paul Porba (Instagram @transfermarket)

Sebelum meninggalkan Manchester United untuk terbang ke Italia dan bergabung dengan Juventus, Wenger mengaku bahwa dirinya sangat tertarik untuk mendatangkan Paul Pogba pada musim panas 2012.

Saat itu, MU memutuskan untuk melepas Pogba dengan status bebas transfer. Rupanya, empat tahun di Juventus, pemain Prancis kelahiran 15 Maret 1993 itu menjelma gelandang ganas, dengan tendangan-tendangan mematikan dari luar kotak penalti.

"Segalanya terjadi begitu cepat. Kami tertarik padanya. Kami berusaha untuk mendatangkannya ke sini, tapi dia begitu cepat sepakat bergabung dengan Juventus," ujar Wenger kala itu.

2. N'Golo Kante

ist
N'Golo Kante. (Instagram @transfermarket)

Selain Pogba, gelandang Prancis lainnya yang juga nyaris bergabung dengan Arsenal adalah N'Golo Kante.

Saat itu, musim panas 2016, Arsenal bersaing dengan Chelsea untuk mendapatkan tanda tangan Kante dari Leicester City, yang baru saja meraih gelar Premier League.

"Saya berusaha mendapatkan Kante sewaktu dia di Prancis, waktu itu dia masih di Leicester. Kami sulit untuk menjelaskannya, tapi seperti yang Anda lihat dia akhirnya ke mana," kata Wenger.

3. Zlatan Ibrahimovic

ist
Zlatan Ibrahimovic (Instagram @transfermarket)

Tahun 2000, waktu Zlatan Ibrahimovic masih menjadi pemain Malmo FF, Arsenal sebenarnya sudah berminat untuk memboyongnya ke Highbury--stadion lama Arsenal.

Sial bagi Wenger, keinginannya tak terkabulkan karena Arsenal kalah cepat dari Ajax. Ajax membeli Zlatan pada musim panas 2001 dengan nilai transfer 7,8 juta euro.

"Tidak. Dia tidak masuk audisi," ujar Wenger.

4. Yaya Toure

ist
Yaya Toure (Instagram @transfermarket)

Mantan gelandang kreatif Manchester City, Yaya Toure, juga pernah hampir bergabung dengan Arsenal, tepatnya pada tahun 2003, masih masih bermain di KSK Beveren.

Namun entah mengapa, masukan Wenger kepada manajemen agar merekrut Yaya tidak digubris. Padahal, saat itu Yaya sudah sepakat untuk bergabung.

"Kami membuat kesalahan. Faktanya dia memilih bergabung dengan Metalurh Donetsk," ujar Wenger.

5. Cristiano Ronaldo

ist
Cristiano Ronaldo. (Instagram @transfermarket)

Siapa sangka, Cristiano Ronaldo pun pernah hampir bergabung dengan Arsenal, sebelum akhirnya memilih MU.

Saat itu, Ronaldo yang masih bermain untuk Sporting Lisbon, sudah diendus bakatnya oleh Wenger. Bahkan, Wenger mengaku sudah memberikan Ronaldo sebuah kaos dengan tulisan namanya.

Sayangnya, waktu itu Arsenal keberatan membayar nilai transfer 12 juta euro, yang akhirnya disambar MU tanpa pikir panjang.

"Saya ajak dia berkeliling dan saya beri dia kaos, dengan nama dia di punggung. Namun pada akhirnya dia mengakhiri teka-teki soal transfer--ke MU atau Arsenal," ujar Wenger.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US