The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hasil Piala Dunia 2022: Timnas Prancis Bantai Polandia 3-1, Les Blues Lolos Perempat Final
Timnas Prancis menang 3-1 atas Polandia dan lolos perempat final Piala Dunia Qatar 2022. (REUTERS/Bernadett Szabo)
Soccer

Hasil Piala Dunia 2022: Timnas Prancis Bantai Polandia 3-1, Les Blues Lolos Perempat Final

Senin, 05 Desember 2022 00:17 WIB 05 Desember 2022, 00:17 WIB

INDOZONE.ID - Timnas Prancis yang biasanya dijuluki Les Blues berhasil membantai timnas Polandia dengan skor akhir 3-1. Dua gol yang dipersembahkan Kylian Mbappe dan satu gol dari Giroud membuat kedudukan Prancis semakin unggul di Al Thumama Stadium, Doha, Senin (5/12/2022).

Sejak awal pertandingan, timnas Prancis berhasil memberikan tekanan yang tinggal terhadap Polandia. Bahkan, sulit bagi pemain Polandia untuk menciptakan peluang agar dapat menjebol gawang dari timnas Prancis.

Kylian Mbappe yang mendapatkan dua gol bertahan selama pertandingan, sedangkan Giroud digantikan setelah Prancis unggul 2-0. Sayangnya, setelah Prancis mendapatkan 3 gol, menit tambahan tak berpihak kepada Les Blues.

Wasit melihat VAR karena adanya kemungkinan handball salah satu pemain timnas Prancis yang kemudian, memberikan kesempatan emas bagi timnas Polandia untuk menciptakan satu gol terakhir. Walau sayangnya, Polandia tetap harus pulang karena skor berakhir 3-1.

Baca juga: Olivier Giroud Cetak Sejarah Baru, Jumlah Golnya Mengalahkan Legenda Thierry Henry

Babak Pertama

olivier giroud
Olivier Giroud berhasil menciptakan gol pertama untuk Prancis di babak pertama. (REUTERS/Hannah Mckay)

Pada awal pertandingan, di menit 1' Prancis mendapatkan tendangan bebas setelah Antoine Griezmann dilanggar. Namun sayangnya, tendangan bebas itu tidak menciptakan momen gol. 

Permainan terus memperlihatkan dominasinya Prancis saat melawan Polandia. Pada menit 14', Polandia terlihat hanya dapat melakukan misi bertahan dari serangan habis-habisan yang dilancarkan timnas Prancis.

Beberapa serangan dilancarkan timnas Prancis, pada menit 16' Ousmane Dembele menyambut bola lepas, namun sayang tembakannya justru mengarah ke pemain Polandia, Wojciech Szcz?sny.

Waktu terus berjalan, di menit 20' timnas Polandia berhasil mengeluarkan serangan balasan di mana Robert Lewandowski melepaskan tembakan dari jarak jatuh, tetapi masih melebar dari tiang kanan gawang Prancis.

Di pertengahan babak pertama, Polandia semakin berkembang dalam permainan dan secara bertahap mulai memberikan serangan kepada timnas Prancis. Tetapi sesekali melakukan blunder karena operan yang salah.

Prancis di menit 28' mendapatkan kesempatan emas untuk memberikan gol di mana Ousmane Dembele berhasil mengambil kesempatan itu, tapi pada akhirnya gagal saat diambil oleh Giroud.

Timnas Polandia mendapatkan tendangan bebas di menit 30' dan pemain timnas Prancis, Aurelien Tchouameni mendapat kartu kuning karena melakukan tekel di luar kotak penalti.

Kylian Mbappe sempat memberikan getaran ketakutan kepada timnas Polandia karena berhasil memberikan serangan ke arah gawang di menit 37'. Sayangnya, serangan itu digagalkan kiper timnas Polandia.

Pasca diserang, timnas Polandia kembali memberikan serangan balasan di menit 38'. Peluang yang sangat besar dengan serangan di area kotak, tetapi serangan dari timnas Polandia berhasil ditahan oleh kapten timnas Prancis, Hugo Lloris.

Dan pada menit ke 43', Giroud akhirnya berhasil menciptakan gol pertama Prancis atas timnas Polandia. Serangan yang biasanya didapatkan dari atas, justru menipu pemain Polandia dan Giroud berbahagia karena serangannya masuk ke gawang lawan.

Baca juga: Hasil Piala Dunia 2022: Prancis Unggul di Babak Pertama atas Polandia, Skor Berakhir 1-0

Babak Kedua

kylian mbappe
Olivier Giroud dan Kylian Mbappe merayakan gol Prancis. (REUTERS/Dylan Martinez)

Pertandingan babak kedua antara Prancis vs Polandia dilanjutkan dan pada menit 46', Polandia membuktikan bahwa mereka bisa berbahaya jika mereka mau. Namun sayangnya, wasit memberikan kartu kuning kepada pemain Polandia, Bartosz Bereszynski karena pelanggaran kepada Ousmane Dembele.

Di awal babak kedua ini, Polandia terus memberikan serangan, menciptakan ruang untuk kesempatan bagi para penyerang agar dapat melewati bek Prancis yang cukup gagah menghalau serangan dari timnas Polandia.

Pada menit 65', upaya Olivier Giroud untuk menciptakan gol berikutnya justru gagal, operan yang diberikan dari pemain lain justru melebar ke tiang kanan gawang timnas Polandia, bahkan serangannya tetap offside.

Didier Deschamps, pelatih timnas Prancis mengambil keputusan di menit 66' dengan memasukan pemain baru Youssouf Fofana dan menggantikan Aurelien Tchouameni. 

Polandia juga melakukan hal yang sama di menit 70', dengan memasukan dua pemain baru, yakni Jakub Kaminski digantikan oleh Nicola Zalewski, Grzegorz Krychowiak digantikan oleh Krystian Bielik.

statistik
Statistik pertandingan Prancis vs Polandia di akhir babak. (REUTERS)

Kejutan lainnya diberikan timnas Prancis pada menit 74' di mana Kylian Mbappe menciptakan gol kedua untuk Prancis setelah mendapatkan operan silang dari Ousmane Dembele.

Setelah menciptakan kedudukan atas Polandia, timnas Prancis memasukan dua pemain baru, di mana Olivier Giroud diganti oleh Marcus Thuram, dan Ousmane Dembele diganti oleh Kingsley Coman.

Di usia yang masih 23 tahun, Kylian Mbappe kembali mencetak gol ketiga untuk timnas Prancis pada menit 85'. Gol ketiga ini memberikan tekanan yang kuat dari Prancis terhadap Polandia.

Pada menit tambahan, Polandia seakan mendapatkan keberuntungan karena bek timnas Prancis terkenal handball di dalam kotak. Wasit yang melihat kemungkinan penalti kemudian memberikan kesempatan itu kepada Polandia.

Sukses mendapatkan kesempatan, penalti itu diambil oleh Robert Lewandowski. Namun, karena pemain timnas Prancis melaju sebelum tendangan, penalti itu diulang kembali dan sang kapten Polandia berhasil menciptakan satu poin untuk Polandia.

Walaupun begitu, skor berakhir dengan 3-1 di mana Prancis berhasil lolos ke perempat final, sedangkan timnas Polandia harus pulang dari Qatar karena gagal menaklukan tim Ayam jago.

Susunan Pemain

line up
Susunan pemain (line up) Prancis vs Polandia. (REUTERS)

Prancis (4-2-3-1) : Hugo Lloris; Jules Kounde (Axel Disasi 90+3'), Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni (Youssouf Fofana 66'), Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Kingsley Coman 76'), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Marcus Thuram 76')

Polandia (3-4-2-1) : Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jakub Kiwior (Jan Bednarek 87'); Matty Cash, Sebastian Szymanski (Arkadiusz Milik 64'), Grzegorz Krychowiak (Krystian Bielik 71'), Przemyslaw Frankowski (Kamil Grosicki 87'); Piotr Zielinski, Jakub Kaminski (Nicola Zalewski 71'); Robert Lewandowski

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli
Editor
M. Rio Fani
Writer
JOIN US
JOIN US