The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bima Sakti Bongkar Ritual Khusus Bakar Semangat Pemain di Piala AFF U-16 2022
Kiper timnas U-16 Andrika berpelukan dengan pelatih kiper Markus Horison. (Instagram/pssi)
Soccer

Bima Sakti Bongkar Ritual Khusus Bakar Semangat Pemain di Piala AFF U-16 2022

Piala AFF U-16 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 10:10 WIB 12 Agustus 2022, 10:10 WIB

INDOZONE.ID - Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti mengakui orangtua menjadi motivasi terbesar para pemainnya pada pertandingan final Piala AFF U-16 2022 melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022).

Bima bersyukur PSSI mendatangkan orang tua semua pemain ke Yogyakarta untuk menyaksikan laga final tersebut.

"Alhamdulillah orangtua mereka datang. Itu akan menjadi motivasi. Sebelumnya pemain hanya melihat foto, kini sudah hadir fisiknya," ucap Bima dikutip dari Antara, Jumat (12/8/2022).

Pelatih berusia 46 tahun ini mengakui, selama berkompetisi di Piala AFF U-16 2022 ia memiliki "ritual khusus" untuk membakar semangat pemainnya.

Ritual itu dilakukan di ruang ganti, Bima meminta pemainnya untuk menghadap dinding atau loker mereka sambil memegang foto orangtua masing-masing. Kemudian para pemain diminta berdoa di hadapan foto itu.

Baca Juga: Carlo Ancelotti Jadi Pelatih Tersukses?

Bima juga mengakui ternyata hal itu sudah dilakukan sejak timnas U-16 masih diperkuat Marselino Ferdinan dkk. Hal itu dilakukan untuk mengingat orang-orang yang berjasa untuk pemain.

"Hal seperti itu sudah kami lakukan sejak tahun 2019, saat timnas U-16 masih diperkuat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan. Itu ampuh sekali dan menjadi pelecut semangat dan motivasi pemain," ujar Bima.

"Saya selalu ingin pemain mengingat jasa orangtua lalu pelatih-pelatih mereka di SSB atau akademi. Itulah orang-orang yang sangat berjasa bagi mereka," sambungnya.

Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Myanmar melalui babak adu penalti pada Rabu (10/8/2022). Sedangakan Vietnam meraih tiket fial setelah unggul dari Thailand dengan skor 2-0 di semifinal lainnya pada hari yang sama.

Penulis: Raihandhika Nuur Sidiq

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Indozone
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
Indozone

Indozone

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US