Menpora Akan Negosiasi dengan FIFA Soal Stadion Piala Dunia U-20
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. (Twitter/@KEMENPORA_RI)
Soccer

Menpora Akan Negosiasi dengan FIFA Soal Stadion Piala Dunia U-20

Sabtu, 18 Januari 2020 21:53 WIB 18 Januari 2020, 21:53 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, mengatakan akan berupaya agar FIFA tak mengurangi jumlah stadion di Piala Dunia U-20. Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Kabarnya FIFA akan memangkas jumlah stadion dengan cara memilih empat stadion dari sepuluh stadion yang disiapkan PSSI. Padahal sebelumnya jatah stadion yang akan dipakai berjumlah enam.

Adapun kesepuluh stadion itu adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Wibawa Mukti (Cikarang), Si Jalak Harupat (Bandung), Patriot (Bekasi), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Kapten I Wayan Dipta (Bali), Jakabaring (Palembang), Mandala Krida (Yogyakarta), dan Pakansari (Bogor).

"Kemudian informasi yang masuk lagi untuk efisiensi dan koordinasi supaya cepat, FIFA hanya akan gunakan empat. Tapi kita lagi negosiasi agar tetap kembali ke enam," kata Zainudin.

Zainudin menilai keputusan pengurangan stadion itu akan berdampak kurang baik. Seperti rumput lapangan yang bakal cepat rusak karena sering digunakan di ajang Piala Dunia U-20.

"Secara teknis ada perbedaan enam dan empat stadion. Kalau enam bebannya terbagi lebih banyak sehingga rumputnya tetap bagus," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, jumlah enam stadion sudah sangat ideal untuk menggelar event internasional seperti Piala Dunia U-20.

"Mudah-mudahan bisa menjadi enam, karena kalau enam penyebarannya bisa lebih banyak. Kemudian menjadi monumental lapangan itu, karena habis dipakai oleh Piala Dunia ya," ujar Iriawan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU