The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

#SaveSTY dan #HarunaOut Trending, PSSI Ungkap soal Rapat Evaluasi dengan Shin Tae-yong
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) menjabat tangan pelatih Shin Tae-yong (kiri). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Soccer

#SaveSTY dan #HarunaOut Trending, PSSI Ungkap soal Rapat Evaluasi dengan Shin Tae-yong

Senin, 17 Januari 2022 10:56 WIB 17 Januari 2022, 10:56 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan angkat bicara mengenai rapat evaluasi dengan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Shin Tae-yong yang berlangsung pada Kamis (13/1/2022). Sementara itu, tagar #SaveSTY dan #HarunaOut trending di media sosial Twitter pagi ini. Ada apa?

Iriawan mengatakan, tak ada kebuntuan (deadlock) yang terjadi saat pihaknya berkomunikasi dengan pelatih asal Korea Selatan itu. Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, pembicaraan dengan Shin berkutat pada performa timnas di Piala AFF 2020.

"Tidak ada (deadlock)," ujar Iriawan dikutip dari Antara, Senin (17/1/2022).

Akan tetapi, Iriawan menyebut bahwa rapat itu belum bisa dituntaskan secara maksimal lantaran Shin mengejar pesawat ke Bali. Juru taktik asal Negeri Ginseng itu harus berangkat ke Pulau Dewata untuk memantau pemain Liga 1 Indonesia yang akan dibawa ke Piala AFF U-23 2022.

"Pertemuan belum maksimal karena Shin buru-buru harus ke Bali. Nanti akan diteruskan lagi secara rinci ketika dia kembali (ke Jakarta)," tutur Iriawan.

Sebelumnya, kabar soal buntunya komunikasi antara PSSI dan Shin Tae-yong diutarakan oleh anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro dalam sebuah diskusi di saluran Youtube salah satu media online.

"Tadi sempat kita 'deadlock' dan kemudian akan ditindaklanjuti. Dia (Shin Tae-yong -red) akan buru-buru mau ke Bali," kata Haruna.

Haruna juga merasa komunikasi PSSI dengan Shin tidak baik-baik saja karena pelatih berusia 51 tahun itu tersinggung saat dikritik dan diberikan masukan oleh petinggi PSSI.

Baca Juga: Iwan Bule Sebut Merah Putih Berpotensi Berkibar di Piala Asia Putri 2020 India

Adapun tersinggung yang dimaksud adalah, Shin Tae-yong agak kesal disebut sama seperti pelatih-pelatih sebelumnya di mana hanya membawa timnas Indonesia lagi-lagi hanya menjadi runner-up Piala AFF.

Seperti diketahui, skuad Garuda sudah 6 kali mencicipi status juara kedua Piala AFF yakni sejak 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan saat dikandaskan Thailand di final Piala AFF 2020 yang berlangsung akhir tahun 2021 lalu.

Shin Tae-yong sendiri menangani timnas Indonesia sejak akhir 2019 dengan kontrak berdurasi 4 tahun (hingga 2023) tapi belum bisa membawa skuad Garuda terbang tinggi untuk meraih trofi.

Terkait hal itu, warganet pecinta sepak bola di Twitter menggemakan tagar #SaveSTY dan #HarunaOut. Mereka beramai-ramai membela Shin Tae-yong dan berbalik mengkritik pihak PSSI yang dinilai tidak mendukung proses kemajuan sepak bola Indonesia.

trending twitter
Trending Twitter, Senin (17/1/2022) pagi. (Screenshoot/Twitter)

"Lebih baik PSSI kehilangan Haruna Soemitro dari pada kehilangan pelatih Shin Tae yong! #SaveSTY," cuit salah satu netizen.

"Liga aja masih bobrok, schedule amatiran, fasilitas masih kurang, sok-sokan evaluasi coach timnas, klo p$$i mau evaluasi coba evaluasi diri sendiri, udah gitu maunya minta instan juara, mau sekelas Pep Guardiola yg ngelatih timnas ya percuma, prestasi cuma mimpi #HarunaOut #saveSTY," timpal yang lainnya.

"Gini amat sepakbola Indonesia saat menuju ke arah yang lebih baik #HarunaOut #revolusiPSSI #savesty," sambung netizen lain.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US