The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mesut Ozil Pamer Botol Jamu, Desain Gambarnya Hasil Curian?
Mesut Ozil. (Instagram/@MesutOzil1088). Desain label ilustrsai Ozil diduga curian. (Twitter @Desain ilustrasi Mesut Ozil diduga curian. (Twitter @galihsatr)
Soccer

Mesut Ozil Pamer Botol Jamu, Desain Gambarnya Hasil Curian?

Sudah mencari pemilik produk

Rabu, 25 Mei 2022 16:32 WIB 25 Mei 2022, 16:32 WIB

INDOZONE.ID - Pesebak bola dunia, Mesut Ozil mengunggah botol jamu saat dia tiba di Indonesia untuk melakukan serangakaian acara pada Selasa (24/5/2022). Namun, desain pada label botol tersebut diduga bermasalah karena menggunakan desain curian.

Gelandang kreatif asal Jerman itu mengunggah kedatangannya di story akun Instagram-nya @m10_official. Salah satu klip yang diunggahnya memperlihatkan tiga botol jamu yang dikemas ciamik.

Pada bagian botol jamu dihiasi label yang memperlihatkan ilustrasi pemain Fenerbache tersebut, yang kemudian menjadi akar permasalahan karena dianggap ada tindakan pencurian desain. 

Dugaan pencurian desain itu diungkap oleh akun Twitter @galihsatr, yang mengklaim pemilik asli desain pada label di botol jamu tersebut.

“Jadi pas kemarin Ozil sampe Jakarta, terus dia share IG Story. Ada temen yang notice, di-minumannya ada gambar Ozil, yang katanya gambar saya,” tulis akun tersebut dikutip, Rabu (25/5/2022).

“Setelah saya cek, eh ternyata ada 2: 1. Ozil pake Arsenal ‘blueband’. 2. Ozil pake Jerman 2018. Keduanya digunakan tanpa ijin saya,” ungkapnya.


Jadi pas kemarin Ozil sampe Jakarta, terus dia share IG Story.


Penelusuran Indozone, Galisatr merupakan seorang ilustrator, yang dia tulis di akun Instagram-nya @galihsatr. Dia banyak membuat ilustrasi pemain sepak bola dan publik figur lainnya.

Baca juga: Pria ini Curhat Batal Dangdutan di Kondangan, Alasannya karena Sound System Milik Majelis

“Akhir akhir ini jarang mengalami kasus gini lagi. Udah Ada beberapa DM masuk nanyain kalo mau pake gambar saya untuk keperluan tertentu, saya jelaskan batasannya. Ada yang akhirnya tetep pake, ada juga yang mengurungkan diri. Mereka semua paham etika, jadi kontak saya untuk bertanya,” tulis galihsatr dalam utas di Twitter.

“Nah, produk di story Ozil itu, asal comot (entah dari IG atau Behance saya) lalu diaplikasikan dengan manisnya ke produk minuman. Ini jelas perbuatan designer, seseorang yang semestinya paham etika, lisensi dan copyright,” lanjut dia.

Pemilik ilustrasi Ozil di botol jamu itu berusaha mencari tahu produk minuman, pada unggahan pemain berdarah Turki tersebut, namun hasilnya nihil.

“Saya berusaha mencari tahu brand dari produk minuman tersebut dan tidak menemukan,” tulisnya lagi.

“Setahu saya, Ozil ke Indonesia dalam rangka launching produk aparel Olahraga berinisial C,” lanjut @galihsatr.

Kedatangan Ozil merupakan kerja samanya dengan perusahaan pakaian olahraga Concave. Hal itu diketahui lewat media sosial Concave yang gencar mempromosikan kedatangan Ozil ke tanah air.

“Semestinya brand apa pun sudah paham terkait hal ini, kalau mau pake aset dari luar ya cari yang free copyright,” ujar @galihsatr.

“Kalo personal yang lalai/tidak paham masih bisa dipahami lah. Tapi kalo brand yang sampe ke level itu, hampir pasti tau tapi pura-pura ga tau (mungkin),” lanjut utasnya.

Pada akhir penjelasannya @galihsatr mengunggah hasil karya ilustrasinya yang pernah dia unggah di akun Instagram. 

“Keduanya karya saya tahun 2018 silam,” ungkap dia.



Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Rachmat Fahzry

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US