The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Muhammad Faiz: dari Pembersih Kuburan hingga Jadi Andalan Timnas Indonesia U-19
Gelandang andalan Timnas Indonesia U-19 Muhammad Faiz. (Instagram/@muhammad_faiiss)
Soccer

Kisah Muhammad Faiz: dari Pembersih Kuburan hingga Jadi Andalan Timnas Indonesia U-19

Sangat menginspirasi!

Sabtu, 02 Juli 2022 13:50 WIB 02 Juli 2022, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Nama Muhammad Faiz menjadi salah satu pemain yang menghuni skuad tim nasional (Timnas) Indonesia U-19, yang bakal berpartisipasi di turnamen Piala AFF U-19 2022. Namun ada kisah memilukan di balik perjalanan hidup Faiz untuk jadi pesepakbola profesional.

Ya, Faiz mengatakan bahwa pertama kali mengenal si kulit bundar di usia 6 tahun dengan bermain futsal bersama teman-teman dekat rumahnya. Mulai dari situ, Faiz jatuh cinta dengan permainan sepak bola.

"Saya umur enam tahun main futsal,  awalnya sama yang usia lebih dari saya, yang 10 tahun, sama orang pesantren karena dekat rumah," ucap Faiz, dalam kanal Yotube PSSI.

Faiz bercerita bahwa perjuangan untuk menjadi pesepakbola profesional tidaklah mudah. Terlebih keluarganya sempat tidak memberikan dukungan agar Faiz mewujudkan impiannya tersebut.

"Keluarga sekarang sudah support, sejak saya ikut Liga Kompas, sama Bina Taruna ke Swedia, lalu dari sana mulai support karena diawal belum karena keluarga tidak ada darah atlet," sambungnya.

Baca Juga: Punya Darah Bangsawan, Jordi Amat Diberikan Gelar Pangeran dari Kerajaan Sulawesi

Selain tidak dapat restu, Faiz yang lahir dari keluarga kurang mampu juga kesulitan untuk membeli atribut sepak bola seperti sepatu. Bahkan Faiz mengaku sempat menjadi pembersih kuburan saat masih kelas 4 SD, yang mana uangnya ia kumpulkan untuk membeli sepatu.

"Saya dulu dari ekonomi susah, lalu saya nyapu kuburan saat kelas 4 atau 5 SD. Bersihin terus kumpulin duit selama sebulan itu alhamdulillah dapat tujuh ratus ribu," katanya.

"300 ribu saya pakai buat beli sepatu bekas dari teman dan sisanya buat kekuarga. itu sedih buat saya, kalau ingat itu bakal nangis saya karena saking ingin punya sepatu buat main bola, jadi tak mau bebani orang tua," lanjutnya.

Namun kini Faiz berpotensi besar untuk bisa benar-benar menggapai impiannya jadi pesepakbola andalan Indonesia. Ia pun berharap dapat tampil maksimal bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022.

Tidak hanya itum Faiz juga berpotensi besar menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di gelaran Piala Dunia U-20 yang bakal digelar di Tanah Air pada tahun depan. Sebab usianya memang masih sangat memungkinkan dirinya membela skuad Garuda Muda di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Mochamad Rezhatama Herdanu
JOIN US
JOIN US