The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Antar Portugal ke 16 Besar EURO 2020, Cristiano Ronaldo Tuai Rekor Individu
Cristiano Ronaldo. (photo/REUTERS/BERNADETT SZABO)
Soccer

Antar Portugal ke 16 Besar EURO 2020, Cristiano Ronaldo Tuai Rekor Individu

Kamis, 24 Juni 2021 09:14 WIB 24 Juni 2021, 09:14 WIB

INDOZONE.ID - Cristiano Ronaldo kini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level sepak bola internasional setelah 2 gol penaltinya mengantar Portugal menemani Prancis ke babak 16 besar EURO 2020.

Bintang Juventus itu telah menyamai rekor pemain Iran Ali Daei dengan 109 gol yang dicetak untuk negaranya dalam 149 pertandingan antara tahun 1993 sampai 2006.

Pemain berusia 36 tahun itu juga telah menjadi pemain Eropa pertama dalam sejarah Piala Dunia dan Piala Eropa yang mencetak 20 gol gabungan di 2 kompetisi.

Dua golnya ke gawang Prancis lewat titik penalti dalam hasil imbang 2-2, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB tadi, menandai golnya yang ke-20 dan ke-21 dalam 2 turnamen.

Gol pertamanya memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh mantan bintang Jerman Miroslav Klose, yang mencetak 19 gol secara gabungan di Piala Dunia dan EURO.

Bukan hanya itu, Ronaldo pun sekarang memuncaki daftar top skor sementara EURO 2020 dengan koleksi 5 gol.

Di sisi lain, Portugal lolos ke babak 16 besar EURO 2020 sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik persis di bawah Jerman karena kalah head-to-head, meski kedua tim sama-sama mengoleksi 4 poin.

Hasil tersebut, dibarengi skor imbang 2-2 yang juga terjadi dalam laga Jerman vs Hongaria, membuat Prancis tetap lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup F dengan raihan 5 poin.

Bermain di Stadion Puskas Arena, Budhapest, Hongaria, kedua tim membuka skor sama-sama dari titik putih.

Penalti pertama dihadiahkan untuk Portugal setelah kiper Prancis Hugo Lloris tanpa sengaja berakhir menyikut wajah Danilo Pereira setelah sukses meninju bola.

Tendangan penalti dihadapi oleh Ronaldo yang dengan dingin memperdaya Lloris demi membawa Portugal memimpin pada menit ke-30.

Kemudian, di injury time babak pertama, wasit Mateu Lahoz menunjuk titik putih untuk Prancis usai Kylian Mbappe jatuh akibat benturan ringan pengawalan Nelson Semedo.

Karim Benzema maju menjadi eksekutor untuk menyamakan kedudukan.

Selepas turun minum, Prancis langsung tancap gas menggebrak dan Benzema menjebol gawang Portugal lagi pada menit ke-47.

Tiga belas menit kemudian, wasit kembali menghadiahi Portugal penalti sebab bola sontekan Ronaldo terlihat jelas mengenai lengan bek Jules Kounde yang tidak dalam postur wajar.

Ronaldo yang lagi-lagi menjadi algojo dengan tenang menyarangkan bola ke dalam gawang untuk membuat kedudukan kembali imbang 2-2 pada menit ke-60 hingga skor seri itu bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Sebagai juara Grup F, Prancis akan menghadapi Swiss dalam laga 16 besar di Bucharest pada Senin (28/6/2021) pekan depan.

Sedangkan Portugal bakal bertemu Belgia di Sevilla, sehari sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US