The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Profil Timnas Argentina: Menanti Aksi Habis-habisan Lionel Messi di Qatar!
Kapten Timnas Argentina Lionel Messi mengangkat trofi Copa America. (Reuters)
Soccer

Profil Timnas Argentina: Menanti Aksi Habis-habisan Lionel Messi di Qatar!

Kamis, 29 September 2022 15:15 WIB 29 September 2022, 15:15 WIB

INDOZONE.ID - Timnas Argentina merupakan salah satu negara yang difavoritkan menjadi juara di Piala Dunia 2022. Pada turnamen tersebut, Lionel Messi diyakini akan tampil habis-habisan mengingat ini bisa menjadi kesempatan terakhirnya mengangkat trofi Piala Dunia.

Saat ini Messi telah berusia 35 tahun. Ketika perhelatan Piala Dunia 2026 berlangsung, peraih tujuh trofi Ballon d’Or tersebut akan memasuki usia 39 tahun. Dengan kata lain, belum tentu Messi masih berkarier sebagai pesepak bola di usia tersebut.

Menyongsong Piala Dunia 2022, Timnas Argentina sejatinya sedang dalam tren menanjak. Bagaimana tidak, La Albiceleste telah menjalani 35 pertandingan terakhir tanpa sekalipun mendera kekalahan.

Mereka sangat mungkin melewati capaian Timnas Italia (37) sebagai pemegang rekor tak terkalahkan terbanyak di level internasional. Di Piala Dunia 2022, Argentina tergabung di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia.

Komposisi Skuad

Di masa lalu, Argentina dikenal sebagai tim yang punya lini serang hebat, namun lemah dalam bertahan. Hal itu nampaknya tak berlaku kali ini karena skuad Argentina sekarang juga punya pertahanan hebat.

Selama ini Argentina memiliki PR besar untuk mendapatkan penjaga gawang hebat. Kini, PR tersebut sudah diselesaikan dengan meunculnya Emiliano Martinez. Ia menjadi salah satu kunci Argentina merebut trofi Copa America 2021.

Sementara untuk bek, Argentina punya pemain yang kini namanya mulai diperhitungkan, Lisandro Martinez. Meski tidak berpostur tinggi, Martinez mampu membaca permainan dengan sangat baik dan menjadi pilihan utama di Manchester United.

Timnas Argentina
Timas Argentina melakukan selebrasi (Twitter/@Argentina).jpeg

Beralih ke lini tengah, Argentina punya pemain-pemain yang patut diperhitungkan seperti Rodrygo De Paul dan Giovani Lo Celso. Sementara lini serang tentu tak perlu dipertanyakan lagi, mengingat La Albiceleste adalah gudangnya striker top.

Baca Juga: Profil Timnas Prancis: Bisakah Les Bleus Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia?

Lionel Messi, Lautaro Martinez, Angel Di Maria, Paulo Dybala, Joaquin Correa, hingga bintang muda Julian Alvarez adalah nama-nama yang siap menjadi mesin gol. Belum lagi jika Argentina memanggil Mauro Icardi ke dalam skuad.

Pemain Andalan

Pada gelaran Piala Dunia 2022 nanti, Lionel Messi diyakini masih akan menjadi andalan utama sang pelatih, Lionel Scaloni, untuk membawa kejayaan. Meski Messi tak lagi muda, namun tajinya tetap perlu diperhitungkan.

Lionel Messi
Lionel Messi (Twitter/@Argentina)

Sepanjang musim kompetisi 2022-2023 ini telah mencatatkan enam gol dan delapan assist dari 11 kali bertanding bersama klubnya, Paris Saint-Germain (PSG).

Baca Juga: Resmi, UEFA Larang Rusia Tampil di Piala Eropa 2024

Messi pun diyakini bakal habis-habisan di turnamen ini karena kemungkinan menjadi Piala Dunia terakhirnya. Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, Messi telah memenangkan semua trofi, kecuali Piala Dunia.

Sejarah di Piala Dunia

Timnas Argentina telah menjadi juara Piala Dunia sebanyak dua kali, yakni pada edisi 1978 dan 1986. Pada Piala Dunia 1978, Argentina mengalahkan Belanda di partai final dengan skor 3-1. Kala itu Mario Kempes mencetak brace dan disempurnakan oleh gol Ricardo Bertoni.

Sementara pada Piala Dunia 1986, Argentina menjadi kampiun setelah membekuk Jerman Barat 3-2. Pada turnamen inilah Diego Maradona menorehkan sejarah dengan menciptakan gol Tangan Tuhan kala berjumpa Inggris di babak perempat final.

Pada 2014 Lionel Messi sebenarnya hampir membawa Argentina menjadi juara dunia. Sayangnya, di partai final mereka justru takluk dari Jerman dengan skor tipis 0-1.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US