The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Profil Timnas Prancis: Bisakah Les Bleus Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia?
Timnas Prancis Juara Piala Dunia 2018 (Reuters)
Soccer

Profil Timnas Prancis: Bisakah Les Bleus Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia?

Rabu, 21 September 2022 19:39 WIB 21 September 2022, 19:39 WIB

INDOZONE.ID - Timnas Prancis adalah salah satu favorit juara Piala Dunia 2022. Pasalnya, mereka datang ke turnamen bergengsi ini dengan status sebagai juara bertahan.

Skuad asuhan Didier Deschamps tersebut tampil impresif di Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan sejumlah tim kuat seperti Argentina, Uruguay, dan Belgia. Kemudia di partai final, Les Bleus menghajar Kroasia dengan skor 4-2.

Kendati demikian, mereka akan mencoba melawan kutukan di Piala Dunia 2022 nanti. Sebab, sejak 2010 tim yang berstatus sebagai juara bertahan akan mengalami nasib tragis tersingkir di fase grup.

Komposisi Skuad

Timnas Prancis sejatinya punya banyak pemain hebat di setiap lini. Pada sektor penjaga gawang misalnya, mereka punya dua kiper tangguh, Hugo Lloris dan Mike Maignan.

Deretan bek, gelandang, dan penyerang Les Bleus juga diisi pemain-pemain bertabur bintang. Sebut saja nama-nama seperti Raphael Varane, Lucas Hernandez, Theo Hernandez, Presnel Kimpembe, Ibrahima Konate, hingga Benjamin Pavard di lini belakang.

Baca Juga: Jumpa Andriy Shevchenko, Lewandowski akan Pakai Ban Kapten Ukraina di Piala Dunia 2022

Kemudian di sektor gelandang terdapat pemain muda potensial seperti Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni. Adapun di lini serang terdapat nama-nama beken macam Kylian Mbappe, Karim Benzema, Olivier Giroud, Kingsley Coman, Ousmane Dembele, hingga Antoine Griezmann.

Hanya saja, hampir dipastikan Timnas Prancis tidak diperkuat oleh Paul Pogba yang sedang mengalami cedera. Deschamps pun menegaskan ia tak akan memaksa membawa Pogba ke Piala Dunia 2022 jika sang gelandang belum pulih 100 persen.

“Tidak ada yang bisa mengatakan ya atau tidak (Pogba bisa main di Piala Dunia) dengan pasti. Syarat nomor satu adalah dia telah pulih dari cederanya. Saya tidak pernah membawa pemain ke turnamen jika dia belum pulih sepenuhnya,” ujar Deschamps, dikutip dari France24.

Pemain Andalan

Timnas Prancis diyakini akan mengandalkan Kylian Mbappe sebagai penggagas serangan di Piala Dunia 2024 nanti. Secara kualitas, Mbappe sudah membuktikan diri punya atribut lengkap sebagai pencetak gol ulung.

Mbappe punya kecepatan, kemampuan dribel dan menggocek yang baik, serta finishing ciamik. Hanya saja, yang jadi persoalan adalah jika Mbappe bermain egois. Hal itu diprediksi akan menyengsarakan tim.

Baca Juga: Berapi-api! Ini Dia Jersey Baru Timnas Belgia untuk Piala Dunia 2022

Sejarah di Piala Dunia

Sepanjang sejarahnya, Timnas Prancis sudah menjadi juara Piala Dunia sebanyak dua kali, yakni di tahun 1998 dan 2018. Pada edisi 2006, mereka sebetulnya mampu menembus partai final, namun dikalahkan Timnas Italia.

Kala itu Prancis unggul 1-0 lebih dulu lewat eksekusi penalti Zinedine Zidane (7’). Italia lalu membalas melalui sundulan Marco Materazzi (19’). Sayangnya, Zidane kemudian mendapat kartu merah usai menanduk dada Materazzi lantaran diprovokasi.

Skor 1-1 bertahan hingga 120 menit dan laga berlanjut ke babak adu penalti. Di adu tos-tosan inilah Prancis tumbang karena tendangan David Trezeguet mengenai mistar gawang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US