The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bawa Keajaiban untuk Sepak Bola Indonesia, Begini Cara Shin Tae-yong Lakukan Revolusi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Instagram/@pssi)
Soccer

Bawa Keajaiban untuk Sepak Bola Indonesia, Begini Cara Shin Tae-yong Lakukan Revolusi

Rabu, 28 September 2022 11:10 WIB 28 September 2022, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat ini sedang dielu-elukan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, pria asal Korea Selatan itu dianggap telah membawa keajaiban bagi sepak bola Indonesia.

Sebelum kedatangan Shin Tae-yong, prestasi Timnas Indonesia bisa dibilang gitu-gitu aja. Namun, mantan juru taktik Timnas Korea Selatan itu datang dengan menghadirkan perubahan, bahkan dari tingkat yang paling elementer.

Shin Tae-yong tak langsung bicara soal taktik ketika ia mulai menangangi Skuad Garuda. Ia sadar bahwa fisik dan stamina para pemain Indonesia masih lemah, sehingga ia fokuskan pada hal tersebut.

Hasilnya pun terlihat, di mana para pemain Indonesia masih kuat bertanding dengan konsentrasi terjaga pada babak kedua. Meningkatnya kemampuan fisik dan stamina pemain ini tentu berdampak pada hasil pertandingan.

Setelah fisik dan stamina meningkat, barulah Shin Tae-yong mulai masuk ke tahap taktik. Menariknya, ia berani untuk membuat gebrakan dengan tidak memanggil pemain-pemain senior yang dirasa tak cocok dengan filosofi bermainnya.

Baca Juga: So Sweet, Witan Langsung Ajak Istri Selebrasi Usai Bawa Timnas Indonesia Bekuk Curacao

Shin Tae-yong lebih banyak mengandalkan pemain-pemain muda dan tak ragu memberi mereka kesempatan untuk unjuk gigi. Nama-nama seperti Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, hingga Marselino Ferdinan pun bersinar di bawah arahan Shin Tae-yong.

Bisa dibilang, para pemain Timnas Indonesia yang sekarang adalah benar-benar didikan asli Shin Tae-yong. Sang pelatih telah berhasil membentuk generasi baru dengan skema dan sistem permainan yang terarah.

Performa dan prestasi Timnas Indonesia pun terus menanjak. Sang pelatih sukses mengantarkan Timnas Indonesia dan tim U-20 lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga: Hasil Laga Timnas Indonesia vs Curacao: Hore! Skuad Garuda Menang Lagi

Peringkat Timnas Indonesia di rangking FIFA juga meningkat menjadi menempati posisi ke-155. Menariknya, Skuad Garuda bahkan mampu mengalahkan negara berperingkat ke-84 FIFA, Timnas Curacao, sebanyak dua kali.

Secara permainan, Timnas Indonesia pun lebih atraktif dan menerapkan sepak bola yang menghibur. Tak mengherankan jika pada akhirnya masyarakat Indonesia mengelu-elukan nama Shin Tae-yong.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US