The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Resmi! UEFA Hapus Aturan Gol Tandang Mulai Musim 2021/22, Termasuk di Liga Champions
Presiden UEFA Aleksander Ceferin. (photo/REUTERS/YVES HERMAN)
Soccer

Resmi! UEFA Hapus Aturan Gol Tandang Mulai Musim 2021/22, Termasuk di Liga Champions

Jumat, 25 Juni 2021 11:03 WIB 25 Juni 2021, 11:03 WIB

INDOZONE.ID - Badan sepak bola Eropa alias UEFA secara resmi telah menghapuskan aturan gol tandang dari kompetisinya mulai awal musim 2021/22 sebagaimana dikonfirmasi laman resminya, Kamis (24/6/2201).

Sebelumnya, aturan yang telah digunakan sejak 1965 itu diterapkan ketika skor pertandingan 2 leg tetap sama secara agregat setelah 180 menit, sehingga tim yang mencetak lebih banyak gol di luar kandang dinyatakan sebagai pemenang.

Namun, aturan itu mendapat sorotan musim lalu di mana beberapa pertandingan diadakan di tempat netral tanpa penonton karena pandemi Covid-19.

Sebagai gantinya, 2 periode perpanjangan waktu selama 15 menit akan dimainkan di akhir leg kedua, diikuti dengan adu penalti bila skor kedua tim masih imbang.

Selain itu, UEFA juga ingin menjadikan pertandingan lebih menarik. 

Pasalnya, dengan adanya aturan gol tandang, tim-tim yang bertindak sebagai tuan tumah jadi ragu untuk menyerang karena bakal menjadi sebuah kerugian bila gawang mereka kebobolan.

Dengan demikian, kini kompetisi-kompetisi klub seperti Liga Champions, Liga Europa, Liga Konferensi Eropa, dan Liga Champions Wanita tidak lagi memberlakukan aturan gol tandang.

"Dampak dari aturan tersebut sekarang bertentangan dengan tujuan awalnya karena, pada kenyataannya, aturan itu sekarang menghalangi tim tuan rumah - terutama di leg pertama - untuk menyerang, karena mereka takut kebobolan gol yang akan memberi lawan mereka keuntungan penting," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin dikutip dari BBC Sport.

"Ada juga kritik atas ketidakadilan, terutama di perpanjangan waktu, yang mewajibkan tim tuan rumah mencetak 2 gol ketika tim tamu telah mencetak gol.

"Adalah adil untuk mengatakan bahwa keuntungan tuan rumah sekarang tidak lagi sepenting dulu."

Keputusan untuk menghapus aturan gol tandang diambil oleh Komite Eksekutif UEFA mengikuti rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub dan Komite Sepak Bola Wanita.

Penghapusan gol tandang tidak hanya berlaku di fase gugur. 

Dengan dihapusnya aturan tersebut, gol tandang juga tak akan dipakai dalam menentukan peringkat di fase grup andai ada 2 atau lebih tim memiliki poin sama, produktivitas gol lah yang akan menjadi penentunya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US