The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kritik FIFA, Louis Van Gaal Sebut Piala Dunia di Qatar Konyol
Louis Van Gaal, pelatih timnas Belanda. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)
Soccer

Kritik FIFA, Louis Van Gaal Sebut Piala Dunia di Qatar Konyol

Selasa, 22 Maret 2022 14:48 WIB 22 Maret 2022, 14:48 WIB

INDOZONE.ID - Pelatih tim nasional (timnas) Belanda, Louis Van Gaal mengkritik keputusan FIFA memilih Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Qatar ditunjuk sebagai penyelenggara turnamen sepak bola terakbar dunia pada 2010 dan sejak itu mendapat sorotan tajam. 

Di antaranya, masalah hak asasi manusia terkait kondisi pekerja migran yang membangun stadion Piala Dunia di Qatar. Kemudian, iklim negara Timur Tengah itu juga memaksa FIFA untuk menggelar Piala Dunia di musim dingin dari biasanya musim panas sehingga menggangu kalender sepak bola.

Baca Juga: Xavi: Pintu Barcelona Selalu Terbuka untuk Messi

Namun, FIFA menyuarakan misi mereka untuk menjadikan Piala Dunia lebih universal, menjangkau lebih banyak negara dan penggemar baru di seluruh penjuru dunia. Akan tetapi, Van Gaal menilai itu bukan tujuan FIFA sebenarnya, melainkan karena uang dan komersil. Dia juga menyebut Piala Dunia di Qatar konyol.

"Saya sudah menyebutkannya dalam konferensi pers sebelumnya. Saya pikir itu konyol bahwa Piala Dunia ada di sana (Qatar),” kata mantan manajer Manchester United itu kepada wartawan, Senin (21/3/2022).

“Kami bermain di negara yang menurut FIFA ingin mengembangkan sepak bola di sana. Itu omong kosong, tapi itu tidak masalah. Ini tentang uang, tentang kepentingan komersial. Itu penting di FIFA," tambahnya.

Van Gaal telah membimbing tim Oranje ke babak 4 besar Piala Dunia pada tahun 2014 sebelum mereka dikalahkan oleh Argentina melalui adu penalti. 

Terbaru, Belanda akan melakoni laga persahabatan melawan Denmark, Minggu (27/3/2022) dini hari WIB disusul kontra Jerman, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB dalam periode jeda internasional.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US