The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Pemain Naturalisasi yang Gagal Total Bersama Timnas Indonesia
Pemain timnas Indonesia U-23 (ANTARA FOTO/HO/Humas PSSI)
Soccer

5 Pemain Naturalisasi yang Gagal Total Bersama Timnas Indonesia

Siapa saja?

Minggu, 28 November 2021 15:37 WIB 28 November 2021, 15:37 WIB

INDOZONE.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) saat ini memang sedang mengupayakan agar bisa menaturalisasi empat pemain untuk membela skuad tim nasional (Timnas) Indonesia di Piala AFF 2020 Singapura.

Keempat pemain tersebut ialah Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks, dan Mees Hilgers. Bahkan Amat dan Walsh kabarnya sudah setuju untuk dinaturalisasi, dan kini sedang menanti proses perubahan kewarganegaraannya.

Akan tetapi PSSI sejatinya harus belajar dari pengalaman kala coba menaturalisasi pemain. Terlebih setidaknya terdapat lima pemain sempat masuk dalam proyek naturalisasi PSSI yang gagal total bersama Timnas Indonesia.

Berikut lima pemain naturalisasi yang gagal total bersama Timnas Indonesia:

1. Jhonny van Beukering

Jhonny van Beukering
Jhonny van Beukering. (pssi.org)

Keputusan PSSI menaturalisasi Van Beukering sebenarnya sempat menuai pujian. Terlebih Van Beukering memang memiliki rekam jejak yang luar biasa kala masih menjalani karir di usia muda dengan memperkuat Timnas Belanda U-17 dan U-21.

Akan tetapi kala telah dinaturalisasi, Van Beukering justru gagal memenuhi ekspektasi para penggemar Timnas Indonesia. Kiprah Van Beukering bersama Timnas Indonesia sendiri berjalan sangat singkat.

2. Sergio van Dijk

Sergio van Dijk
Sergio van Dijk (Instagram/@serginhovandijk)

Sama seperti Van Beukering, langkah PSSI menaturalisasi Van Dijk juga sempat mendapatkan pujian dari para pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya Van Dijk memang memiliki karir gemilang dan sempat membela tim raksasa Liga Australia FC Sydney.

Harapan pendukung Timnas Indonesia melihat ketajaman Van Dijk di ujung tombak skuad Garuda nyatanya tak terwujud. Sebab Van Dijk dinilai gagal tampil mengesankan dan hanya setahun membela Timnas Indonesia.

3. Toni Cusell

Toni Cusell
Toni Cusell (Instagram/@tonicusell)

Nama Toni Cusell dikenal oleh masyarakat Indonesia kala PSSI menaturalisasinya berbarengan dengan Van Beukering serta Raphael Maitimo pada 2012. Ia pun masuk dalam skuad Timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2012.

Akan tetapi performa pemain yang berposisi sebagai gelandang itu tidak terlalu menjanjikan. Hingga akhirnya Cusell sendiri hanya berstatus sebagai pemain Timnas Indonesia di gelaran tersebut saja, dan namanya pun tengelam seiring berjalannya waktu.

4. Ruben Wuarbanaran

Ruben Wuarbanaran
Ruben Wuarbanaran (ANTARA)

Ketimbang Van Beukering dan Toni Cusell, Ruben sejatinya lebih dahulu dinaturalisasi oleh PSSI atau tepatnya pada 2011. Ia pun diproyeksikan untuk tampil bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2011 Jakarta.

Akan tetapi performa Ruben jauh dari kata mengesankan. Bahkan semenjak saat itu, nama Ruben tidak lagi muncul di skuad Timnas Indonesia.

5. Raphael Maitimo

Raphael Maitimo
Raphael Maitimo (Instagram/@raphaelmaitimo)

Seperti dijelaskan sebelumnya, Maitimo merupakan pemain yang dinaturalisasi oleh PSSI berbarengan dengan Van Beukering serta Cusell. Ia juga masuk dalam skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

Performa Maitimo juga tidak terlalu mengesankan kala memperkuat Timnas Indonesia. Namun karir Maitimo sebagai pesepakbola lokal cukup menjanjikan dengan membela sejumlah klub papan atas Liga Indonesia seperti Sriwijaya FC, Arema FC, Persija Jakarta, dan Persib Bandung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US