Lewat Extra Time, Indonesia Taklukkan Myanmar 4-2
(photo/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Soccer

Lewat Extra Time, Indonesia Taklukkan Myanmar 4-2

Sabtu, 07 Desember 2019 17:50 WIB 07 Desember 2019, 17:50 WIB

INDOZONE.ID - Timnas U-23 Indonesia akhirnya meraih kemenangan usai menaklukkan Myanmar dengan skor 4-2 dalam laga semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Sabtu (7/12). Dengan hasil ini, Indonesia melaju ke final.

Saat kick-off dimulai, kedua tim bermain dengan tempo yang cukup cepat, namun bola bergulir di lini tengah karena kedua tim belum bisa membangun serangan yang membahayakan.

Timnas Indonesia memperoleh peluang pertamanya melalui Evan Dimas. Pemain kelahiran Surabaya ini melepaskan sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa diantisipasi oleh kiper Myanmar, Sann Sat Naing.

Skuat Merah-Putih kembali menekan jantung pertahanan Myanmar. Namun sundulan Osvaldo Haay dari jarak dekat masih melayang di atas mistar gawang Myanmar.

Tak ingin diserang terus-menerus, Myanmar mencoba memberi tekanan. Namun sepakan keras Htet Phyoe Wai, masih bisa diamankan kiper Indonesia, Nadeo Argawinata.

Indonesia hampir mencetak gol melalui Osvaldo Haay. Mendapat umpan dari Evan Dimas, tendangan balik badan Osvaldo Haay masih terlalu mudah untuk ditangkap kiper Myanmar.

Di menit akhir babak pertama, Myanmar melakukan serangan balik cepat. Htet Phyoe Wai melesat di sisi kanan kemudian memberikan umpan silang yang disambar sepakan Lwin Moe Aung, sayang, tendangannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Nadeo.

Hingga wasit meniup peluit berakhirnya babak pertama, belum ada gol tercipta. Skor tetap 0-0 untuk kedua tim.

Gol perdana Indonesia terjadi pada menit ke-58 melalui kerja sama antara Egy Maulana dan Evan Dimas. Egy menggiring bola hingga ke sisi kiri kotak penalti Myanmar, dan melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Evan Dimas yang lepas dari penjagaan langsung menyambar bola dan ditendang ke gawang Myanmar. Skor 1-0 untuk timnas Indonesia.

Indonesia terus menekan pertahanan Myanmar. Namun sundulan Egy masih tepat di pelukan kiper Myanmar.

Skuat Garuda Muda akhirnya menambah keunggulan melalui sundulan Egy Maulana Vikri di menit ke-71. Umpan tendangan bebas yang dilepaskan Bagas Adi berhasil disundul Egy dan menjebol gawang Myanmar. Indonesia memimpin 2-0 atas Myanmar.

Unggul 2 gol membuat Indonesia tampil percaya diri. Namun tingkat percaya diri timnas Indonesia malah membuat mereka kebobolan.

Myanmar berhasil mencetak 2 gol dalam kurun waktu 1 menit melalui Aung Kaung Mann dan Win Naing Tun. Dua gol itu terjadi karena kesalahan pemain belakang Indonesia.

Anak asuh Indra Sjafri itu mendapat sejumlah peluang emas, namun gagal dikonversikan menjadi gol. Hingga akhir babak kedua skor tetap 2-2 dan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Memasuki babak pertama perpanjangan waktu, Indonesia melancarkan serangan melalui tendangan salto Sani Rizki. Namun arahnya masih jauh di atas mistar gawang Myanmar.

Skuat Garuda akhirnya berhasil menambah keunggulan melalui Osvaldo Haay. Memanfaatkan umpan silang Asnawi Bahar, tendangan Osvaldo Haay gagal ditangkap oleh kiper Myanmar. Skor 3-2 untuk keunggulan Indonesia hingga menit akhir.

Di babak kedua perpanjangan waktu, Myanmar mencoba memberi perlawanan melalui tendangan bebas. Tapi bila masih bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Indonesia.

Osvaldo Haay dkk akhirnya berhasil menambah gol dan mengubah skor menjadi 4-2. Gol itu dicetak oleh Evan Dimas usai menerima umpan tarik dari Sani Rizki.

Hingga wasit meniup peluit berakhirnya pertandingan, Indonesia unggul atas Myanmar dengan skor 4-2. Dengan kemenangan ini, Indonesia lolos ke final dan akan menghadapi pemenang antara Vietnam dan Kamboja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU