The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 Ini Dia Sosok Asnawi Mangkualam, Pemain Timnas yang Performanya Panen Pujian
Asnawi Mangkualam. (Instagram/@asnawi_bhr)
Soccer

Ini Dia Sosok Asnawi Mangkualam, Pemain Timnas yang Performanya Panen Pujian

Bantu ciptakan gol cantik.

Kamis, 23 Desember 2021 10:43 WIB 23 Desember 2021, 10:43 WIB

INDOZONE.ID - Hasil pertandingan semifinal Piala AFF 2020 leg pertama antara Singapura vs Indonesia berakhir imbang dengan skor 1-1. Satu gol Indonesia merupakan hasil kerjasama Asnawi Mangkualam dan Witan Sulaeman.

Gol cantik tersebut terjadi pada menit ke-28 saat Asnawi melakukan akselerasi dari pinggir lapangan. Meski sempat terjatuh, Asnawi dengan cepat bangkit dan berlari mengiring bola menuju gawang.

Witan yang berada di tengah kemudian langsung menendang bola yang dioper oleh Asnawi dan kemudian terciptalah gol.

Baca juga: Bosan Jadi Runner-up, Asnawi Bertekad Bawa Timnas Indonesia Juarai Piala AFF 2020

Performa apik Asnawi di lapangan saat pertandingan Singapura vs Indonesia itu pun jadi sorotan dan panen pujian. Namanya jadi trending topic di Twitter, berikut fakta-fakta mengenai Asnawi Mangkualam!

1. Bermain di K-League 2

sosok pemain timnas asnawi mangkualam
Asnawi Mangkualam bergabung di klub Ansan Greeners FC. (Instagram/@asnawi_bhr)

Asnawi Mangkualam pernah bergabung dengan PSM Makassar. Namun, sejak 19 Januari 2021 kemarin, Asnawi resmi pindah ke klub Ansan Greeners FC.

Dia dikontrak oleh klub Korea Selatan tersebut untuk satu musim. Kabar bergabungnya Asnawi ke klub Korea Selatan sendiri sempat membuat heboh.

Pasalnya, ia menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang merumput di kompetisi Korea Selatan. Untuk diketahui, Ansan Greeners FC merupakan klub yang bermain di kasta kedua Liga Korea Selatan atau K-League 2 musim 2021.

Asnawi disebut-sebut memilih klub tersebut atas rekomendasi dari Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia.

2. Anak dari seorang legenda sepak bola Makassar

sosok pemain timnas asnawi mangkualam
Asnawi Mangkualam dan Bahar Muharram. (Facebook/PSM Supporters of Makassar)

Tak banyak yang tahu bahwa Asnawi Mangkualam adalah anak dari legenda sepakbola Makassar, Bahar Muharram. Meski demikian, namun Asnawi tidak serta merta memanfaatkan nama ayahnya.

Tak mudah bagi Asnawi untuk sampai di titik yang sekarang. Dia harus merintis karir dengan usaha sendiri tanpa privilese ayahnya.

Menariknya, Asnawi saat kecil tak tahu bahwa ayahnya adalah pesepak bola yang disegani. Ia baru tahu ayahnya mantan pesepak bola saat kelas 4 SD.

Asnawi bahkan tidak pernah mendapat kata Bahar di belakang namanya. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan sang ayah agar Asnawi berusaha sendiri dengan kemampuannya tanpa embel-embel nama orangtuanya.

Bahar baru mengungkapkan bahwa Asnawi adalah anaknya pada pertengahan Liga 1 2017. Tak ada yang tahu kalau Asnawi adalah anak dari legenda sepak bola Makassar, termasuk pelatih PSM Makassar, Robert Rene Albert.

3. Sabet gelar pemain muda terbaik Piala Indonesia

Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam. (Instagram/@asnawi_bhr)

Asnawi Mangkualam menjadi pemain muda terbaik Piala Indonesia 2018-2019 setelah mengantar PSM Makassar menjadi juara.

Di usianya yang masih terbilang muda, Asnawi sudah mencetak sederet prestasi mengagumkan. Dia bahkan pernah mengantar Indonesia jadi juara Piala AFF U-22 pada 2019 lalu.

Kini, Asnawi kembali berjuang dalam pertandingan semifinal Piala AFF 2020. Indonesia telah menyelesaikan leg pertama pada 22 Desember 2021 kemarin dan akan bermain di leg kedua pada 25 Desember 2021 nanti.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US