The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tragedi Kanjuruhan Telan Ratusan Nyawa, PSSI: FIFA Gak Bahas Sanksi
Stadion Kanjuruhan, Malang (REUTERS/Willy Kurniawan)
Soccer

Tragedi Kanjuruhan Telan Ratusan Nyawa, PSSI: FIFA Gak Bahas Sanksi

Jumat, 07 Oktober 2022 14:50 WIB 07 Oktober 2022, 14:50 WIB

INDOZONE.ID - PSSI dan FIFA sudah melakukan pembicaraan terkait tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, menerangkan bahwa dalam pembicaraan tersebut FIFA tak pernah membahas soal sanksi yang akan diberikan kepada Indonesia.

"Sehari setelah kejadian, kami di Kesekjenan PSSI berkomunikasi dengan FIFA bahkan bagaimana Presiden FIFA Gianni (Infantino) bisa berkomunikasi dengan Presiden Jokowi melalui telepon itu adalah hasil komunikasi FIFA dengan Kesekjenan kami,” ungkap Iwan dikutip dari Antara.

Tragedi Kanjuruhan sejatinya menewaskan 131 orang berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Insiden tersebut menjadi sebuah penanda bahwa sepak bola Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Banyak hal yang harus dibenahi dari mulai penjadwalan pertandingan hingga penanganan keamanan di stadion. Hal ini yang kemudian mendorong FIFA untuk membantu memperbaiki sistem persepakbolaan Indonesia.

Baca Juga: Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut PT LIB Akhirnya Buka Suara

“Gianni juga menyampaikan beberapa tragedi sepak bola di dunia, seperti Heysel yang menyebabkan perkembangan sepak bola di negara tersebut jadi sangat maju maka beliau (Gianni) mendukung penuh Indonesia untuk memulihkan ini,” kata Iwan.

“Jadi beliau tidak bicara soal sanksi bahkan dia menyatakan akan mendukung secara tim dan finansial apabila dibutuhkan untuk memperbaiki infrastruktur di Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga: Sambil Menangis, Yohanes Prasetyo Ceritakan Kengerian Tragedi Kanjuruhan

Penyelidikan terkait Tragedi Kanjuruhan telah dilakukan. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun menetapkan enam orang tersangka kasus tersebut. Salah satunya adalah Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Akhmad Hadian Lukita, yang bertanggung jawab atas jadwal pertandingan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US