The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lionel Messi Vs Diego Maradona: Siapa Yang Lebih Hebat? Berikut Ulasannya!
Diego Maradona dan Lionel Messi (REUTERS/David Gray)
Soccer

Lionel Messi Vs Diego Maradona: Siapa Yang Lebih Hebat? Berikut Ulasannya!

Kamis, 26 November 2020 10:02 WIB 26 November 2020, 10:02 WIB

INDOZONE.ID - Diego Maradona 'Si Tangan Tuhan' telah meninggal dunia akibat serangan jantung pada Rabu (25/11). Ia meninggal pada usia 60 tahun. Banyak pemain-pemain top yang memberikan ungkapan duka kepada legenda Argentina tersebut.

Nama Diego Maradona sendiri sering dikaitkan dengan Lionel Messi. Nama Lionel Messi sendiri sudah menjadi beken di 10 tahun belakangan karena kepiawaiannya bersama si bundar yang memang berasal dari Argentina juga. Jadi wajar saja nama Messi dikait-kaitkan dengan Maradona.

Lalu, siapakah yang paling hebat di antara mereka berdua? Berikut ulasannya yang Indozone rangkum dari berbagai sumber!

1. Trofi dan Penghargaan

Trofi Piala Dunia Argentina yang dipegang oleh Diego Maradona (REUTERS/Gary Hershorn)
Trofi Piala Dunia Argentina yang dipegang oleh Diego Maradona (REUTERS/Gary Hershorn)

Membahas soal angka peraihan trofi dan penghargaan, Messi jauh di atas Maradona. Wajar saja, Messi hingga kini masih bermain sedangkan Maradona tidak. Melansir dari Wikipedia, penghargaan yang diraih Messi baik bersama negara dan klub serta individual hampir menyentuh angka 100.

Sedangkan Maradona masih jauh di bawah Messi, yakni di bawah 50 penghargaan. Penghargaan yang kami kutip dari Wikipedia tersebut diraih Maradona baik di klub atau negara dan secara individual. Walau begitu, ia pernah membawa Argentina juara Piala Dunia pada tahun 1986, sedangkan Messi tidak pernah.

2. Jumlah Gol

Lionel Messi (REUTERS/Albert Gea)
Lionel Messi (REUTERS/Albert Gea)

Maradona sepanjang karirnya bermain di beberapa klub dari tahun 1976-1997, bermain sebanyak 492 kali dan meraih 258 gol. Sedangkan bersama Argentina, ia bermain sebanyak 91 kali dan meraih 34 gol.

Salah satu gol yang paling dikenang sepanjang masa adalah gol Tangan Tuhan yang diciptakannya pada 22 Juni 1986 di Estadio Azteca, Mexico City.

Ketika gocekan Diego Maradona melewati 5 pemain Inggris lalu diumpan sampai bola melambung ke atas. Maradona pun menyambut dengan tangannya. Saat itulah bola masuk ke gawang Inggris. Gol ini terjadi di menit 51'

Sedangkan Messi yang dari awal karirnya bermain bersama Barcelona, telah bermain sebanyak 512 kali dimulai sejak tahun 2003 ia di Barcelona C, lalu 2004 pindah ke Barcelona B dan di tahun yang sama ia langsung bermain di tim utama Barcelona.

Bersama Barcelona sejak tahun 2003, total keseluruhan gol yang telah ia dapat sebanyak 452 gol. Sedangkan bersama Argentina sejak tahun 2004 dimulai dari Argentina U-20, ia telah bermain sebanyak 152 kali dan mencetak 81 gol.

3. Karir di Usia Muda

Diego Maradona (REUTERS/BUENOS AIRES)
Diego Maradona (REUTERS/BUENOS AIRES)

Bila membandingkan di usia muda, Maradona telah mencapai kelas dunia di usia 20 tahun. Bayangkan saja, di usianya yang 20 tahun, Maradona telah mencetak 100 gol bersama klub senior. Ia pun memecahkan rekor transfer dunia pada usia 21 tahun ketika bergabung dengan Barcelona.

Sedangkan Messi, memang dirinya bermain di usia 17 tahun saat bersama Barcelona. Namun di saat usianya 20 tahun, ia hanya mampu mencetak 26 gol untuk Barcelona. Jadi, untuk di usia muda, Maradona lebih unggul di level klub.

Tapi tidak di level negara. Pasalnya bila dibandingkan di usia 30 tahun, Messi lebih unggul dibandingkan Maradona. Terbukti dari Messi yang telah mencetak lebih dari 100 gol, memenangkan Ballon d'Or keenam dan mengangkat dua gelar La Liga.

Jauh dibandingkan dengan Maradona yang kehidupannya amburadul usai terjerat kasus narkoba.

4. Adaptasi Pemain

Lionel Messi dan Maradona (REUTERS/Enrique Marcarian)
Lionel Messi dan Maradona (REUTERS/Enrique Marcarian)

Maradona adalah pemain yang berpindah-pindah klub dan selalu menjadi bintang di klub yang ia tempati. Kecuali di empat tahun terakhir sebelum dirinya pensiun.

Maradona yang menjadi mesin gol di Argentino Juniors, Boca Juniors, Barcelona dan Napoli, berbeda jauh saat dirinya di Sevilla, Newell's Old Boys, dan Boca Juniors di tahun 96-97.

Walau begitu, ini menandakan bahwa dirinya cepat beradaptasi dengan beberapa klub. Berbeda dengan Lionel Messi. Seperti yang kita ketahui, sejak awal karirnya, ia selalu berada di Barcelona dan tak pernah pindah.

Berbeda dengan rivalnya Cristiano Ronaldo yang telah membuktikan bermain di 3 Liga yakni Liga Inggris bermain di Manchester United, Liga Spanyol bermain di Real Madrid, dan Liga Italia bermain di Juventus.

Hal ini menandakan bahwa Messi tak pandai beradaptasi dengan klub lain jika dirinya harus hengkang dari Barcelona.

5. Karir Bersama Argentina

Diego Maradona dan Lionel Messi (REUTERS/Dylan Martinez)
Diego Maradona dan Lionel Messi (REUTERS/Dylan Martinez)

Jika membahas karir di negara, Maradona tetap yang menjadi juaranya. Bagaimana tidak, Maradona berhasil membawa Argentina menjuarai Piala Dunia pada tahun 1986, sedangkan Messi tidak pernah sama sekali.

Pemain Barcelona tersebut tak pernah menjuarai Piala Dunia sekalipun, bahkan ia juga tak berhasil membawa Argentina menjuarai Copa Amerika.

6. Karir Bersama Klub

Lionel Messi (REUTERS/MASSIMO PINCA)
Lionel Messi (REUTERS/MASSIMO PINCA)

Jika berbicara karir di klub, sudah jauh di atas kertas Messi yang juara. Namun bukan berarti Maradona sangat buruk di level klub. Hanya saja, tahun dan aturannya saja yang sudah berbeda.

Jaman dulu, klub yang bisa tembus Piala Eropa hanyalah juara liga domestik yang lolos dengan maksimal sembilan pertandingan. Tentu berbeda dengan aturan yang ada saat ini.

Jika aturan jaman dulu mengikuti aturan sekarang, maka Maradona akan menikmati beberapa musim dan puluhan pertandingan di Liga Champions.

Tak hanya itu, walau Messi telah membawa Barcelona memenangkan 4 gelar Liga Champions, Maradona juga telah berhasil membawa Napoli juara Piala UEFA, kompetisi yang dalam banyak hal lebih sulit untuk dimenangkan daripada Piala Eropa (Liga Champions) karena kehadiran tim terbaik kedua, ketiga dan keempat di liga.

7. Kesimpulan

Diego Maradona dan Lionel Messi (REUTERS/David Gray)
Diego Maradona dan Lionel Messi (REUTERS/David Gray)

Berdasarkan angka, maka Lionel Messi adalah juaranya. Namun berdasarkan produktivitas, maka Maradona lah yang juara. Terbukti dari Maradona yang berhasil membawa Argentina juara Piala Dunia 1986 serta berhasil menjadi bintang di beberapa klub yang ia tempati.

Namun hal ini tergantung kepada masing-masing individu. Siapa yang lebih hebat menurut kamu?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US