The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Momen Bersejarah saat Timnas Indonesia Tumbangkan Juara Piala Dunia di GBK
Timnas Indonesia kini menempati ranking 152 FIFA (Foto: Twitter/@PSSI)
Soccer

Momen Bersejarah saat Timnas Indonesia Tumbangkan Juara Piala Dunia di GBK

Kamis, 17 November 2022 11:57 WIB 17 November 2022, 11:57 WIB

INDOZONE.ID - Gelaran Piala Dunia Qatar 2022 memang sudah berada di depan mata. Para pecinta sepak bola pun bakal disajikan duel-duel seru antar tim peserta untuk bisa membawa pulang trofi Piala Dunia 2022.

Sejauh ini sudah terdapat delapan tim yang pernah merasakan gelar juara dunia. Kedelapan tim tersebut adalah Prancis, Italia, Argentina, Spanyol, Jerman, Brasil, Inggris dan Uruguay.

Menariknya salah satu dari para tim yang sempat menjadi juara Piala Dunia pernah merasakan dipermalukan oleh Timnas Indonesia. Tim tersebut ialah Uruguay yang berstatus juara dunia edisi 1930 dan 1950.

Momen bersejarah itu terjadi saat Timnas Indonesia menjalani pertandingan persahabatan melawan Uruguay yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada, Minggu (21/4/1974).

Baca Juga: Ambil Sumpah sebagai WNI Hari Ini, Netizen: Jordi Amat Sudah Beli Peci Belum?

Timnas Indonesia yang kala itu diperkuat sejumlah nama legendaris macam Ronny Pattinasarany, Sultan Harhara, Abdul Kadir, Ronny Pasla, dan Anjas Asmara berhasil membuat Uruguay kerepotan.

Di hadapan sekitar 60 ribu penonton yang hadir langsung di SUGBK, Timnas Indonesia pun mampu membuat Uruguay bertekuk lutut dan menang dengan skor akhir 2-1. Kemenangan itu pun disambut gegap gempita seluruh masyarakat Indonesia.

Uruguay yang berstatus salah satu tim terbaik di Amerika Selatan atau bahkan Dunia merasa malu dengan kekalahan tersebut. Mereka lantas meminta agar dilangsung pertandingan ulang satu hari setelahnya.

Baca Juga: Ambil Sumpah sebagai WNI Hari Ini, Sandy Walsh dan Jordi Amat Tebar Senyum Lebar

Di pertandingan kedua tersebut, Timnas Indonesia tetap mampu memberikan perlawanan kepada Uruguay. Meski pada akhirnya skuad Garuda harus menyelesaikan laga ulangan itu dengan kalah 2-3 dari Uruguay.

Pada Oktober 2010, Timnas Indonesia kembali berkesempatan menjalani laga uji coba melawan Uruguay di tempat yang sama. Namun pada laga itu, Timnas Indonesia 'hancur lebur' usai kalah telak 1-7 dari Uruguay.

Uruguay sendiri menjadi salah satu peserta yang bakal tampil di putaran Piala Dunia 2022. Di Piala Dunia 2022, Uruguay tergabung di Grup H bersama Portugal, Ghana, dan Korea Selatan (Korsel).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Mochamad Rezhatama Herdanu
JOIN US
JOIN US