The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Selesai, Ketum PSSI: Alhamdulillah Lancar
Jordi Amat dan Sandy Walsh mengenakan batik. (Instagram/@jordiamat5)
Soccer

Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Selesai, Ketum PSSI: Alhamdulillah Lancar

Kamis, 19 Mei 2022 20:28 WIB 19 Mei 2022, 20:28 WIB

INDOZONE.ID - Pemain sepak bola keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh telah merampungkan rangkaian proses naturalisasi yang dijalani mereka sejak awal pekan ini. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pun bersyukur dengan kelancaran proses pergantian kewarganegaraan kedua pesepakbola blasteran itu. 

“Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan proses naturalisasi Jordi dan Sandy alhamdulillah berjalan lancar," ujar Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (19/5/2022).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga berharap proses ke depannya bisa berjalan lancar setelah mendapatkan dokumen-dokumen resmi. Aapun dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti surat dari kedutaan negara beserta dokumen pendukung lainnya segera dilaporkan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) hari ini, Kamis (19/5/2022).

"Kita sudah mendapatkan dokumen-dokumen resmi yang dibutuhkan. Laporannya baik. Semoga bisa diproses lebih lanjut," sambungnya.

Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian proses naturalisasi, Jordi dan Sandy dijadwalkan akan segera kembali ke negara masing-masing.

Baca Juga: Semifinal Sepak Bola SEA Games 2021: Asnawi Absen di Laga Indonesia vs Thailand

Selama beberapa hari ini, kedua pesepakbola keturunan Indonesia yang merumput di Liga Belgia itu mengikuti semua agenda yang telah dijadwalkan dengan penuh komitmen. 

Keduanya mengesampingkan keluarga dan kondisi kesehatan pribadi untuk bisa datang ke Tanah Air sebagai bagian dari proses naturalisasi untuk memperkuat tim nasional Indonesia.

Jordi yang berpaspor Spanyol dan membela klub KAS Eupen diketahui terbang ke Jakarta dan meninggalkan istri dan anaknya yang baru dilahirkan 10 hari lalu. 

Sedangkan Sandy yang masih berkewarganegaraan Belanda dan berkostum klub KV Mechelen menuju Indonesia di tengah kondisi cedera bahu yang dialaminya.

Selama berada di Indonesia, Jordi telah datang ke kedutaan besar Spanyol pada Senin (16/5/2022) dan Sandy berkunjung ke kedutaan besar Belanda pada Rabu (18/5/2022) . 

Mereka pun sudah mendapat dokumen tidak keberatan yang dikeluarkan resmi dari kedutaan negara asal terkait rencana mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Sebelumnya, keduanya telah melakukan wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) pada Senin (16/5/2022) serta merampungkan tes kesehatan menyeluruh pada Selasa (17/5/2022). Tes medis disertai tes bebas narkoba pun telah selesai dijalani mereka.

Setelah menyelesaikan semua agenda di Indonesia, Jordi dijadwalkan akan bertolak ke Spanyol pada Kamis (19/5/2022) malam. Sementara itu, Sandy akan tinggal di Indonesia beberapa hari lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US