The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wah! Bola Piala Dunia 2022 Ternyata Buatan Pabrik di Jawa Timur
Bola sepak dengan logo Piala Dunia Qatar 2022. (REUTERS/Quetzalli Nicte-Ha)
Soccer

Wah! Bola Piala Dunia 2022 Ternyata Buatan Pabrik di Jawa Timur

Ekspor dari Madiun.

Jumat, 17 Juni 2022 11:59 WIB 17 Juni 2022, 11:59 WIB

INDOZONE.ID - Meski belum mampu tampil di ajang Piala Dunia, tetapi Indonesia sudah mempunyai andil dalam turnamen sepak bola akbar sejagat raya itu. Ya, ternyata, bola yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2022 di Qatar adalah buatan pabrik di Madiun, Jawa Timur.

Hal tersebut dibenarkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat pelepasan ekspor bola di Madiun, Kamis (16/6/2022).

"Ternyata bola yang akan digunakan dalam FIFA World Cup tahun 2022 di Qatar adalah dari Madiun, dan saat ini yang dikirim antara lain untuk United Kingdom (UK)," ujar Gubernur Khofifah dikutip dari Antara.

Baca Juga: Aksi Joget-joget Sang Kiper Kirim Australia ke Piala Dunia 2022, Tepis Penalti Peru

bola Piala Dunia 2022
Gubernur Jawa Timur, Khofifah melepas ekspor 50.000 bola untuk Piala Dunia 2022 buatan PT Global Way di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Kamis (16/6/2022) ke Inggris dan sejumlah negara lain. (ANTARA/Louis Rika)

Khofifah melepas ekspor sebanyak 50.000 bola buatan PT Global Way di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur ke Inggris dan sejumlah negara lain. Rencananya, bola itu akan dipakai untuk pertandingan Piala Dunia 2022 pada November mendatang.

"Kita bahagia dan bangga bola yang digunakan di ajang dunia itu di-support dari Madiun Jawa Timur," tambah Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama itu.

Sementara itu, General Manager PT Global Way, Jeftha Sunardi Wibowo mengatakan pihaknya merupakan produsen bola yang bermitra dengan salah satu brand pabrik olahraga ternama di dunia. Dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar, pabriknya mendapat jatah memproduksi 1 juta bola.

"Produksi kita adalah 100 persen orientasi untuk ekspor. Untuk produksi kita ada 2 lokasi yakni di Indonesia dan juga di China, tapi yang terbesar sekitar 60-70 persen adalah di Madiun ini," paparnya.

Jeftha menambahkan, dalam setahun pihaknya mampu memproduksi hingga 4 juta bola. Bola-bola tersebut diekspor ke sejumlah negara, seperti Brazil, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Jerman. Khusus untuk Piala Dunia 2022, akan dikirim ke Inggris sebanyak 1 juta bola.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US