The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Shin Tae-yong Minta Iwan Bule Beri Motivasi Timnas Indonesia U-19 Lebih Lama, Ini Sebabnya
Shin Tae-yong dan Mochamad Iriawan. (Dok. PSSI)
Soccer

Shin Tae-yong Minta Iwan Bule Beri Motivasi Timnas Indonesia U-19 Lebih Lama, Ini Sebabnya

Mental masih lemah

Kamis, 21 Juli 2022 09:27 WIB 21 Juli 2022, 09:27 WIB

INDOZONE.ID - Shin Tae-yong menyoroti pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang kurang percaya diri ketika menghadapi tim -tim yang lebih kuat. Hal itu terbukti saat melawan Vietnam pada laga perdana fase Grup Piala AFF 2022.

Oleh karenya, faktor tersebut harus diperbaiki, karena saat Piala Dunia U-20 2023, Indonesia akan menghadapi tim-tim kuat dari Eropa, Amerika Latin, maupun Asia.

"Saya harus akui percaya diri tim ini kurang pada awalnya termasuk mental khususnya menghadapi tim-tim besar. Tetapi, perlahan pemain mulai bisa mengatasi masalah ini. Anda lihat di Piala AFF, mental itu mulai bisa teratasi dan itu harus terus dipertahankan saat menghadapi tim besar," kata pelatih berusia 52 saat rapat evaluasi Timnas Indonesia yang juga dihadiri Ketum PSSI Mochamad Iriawan, mengutip laman PSSI, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Polri Kabulkan Permintaan Otopsi Ulang Jasad Brigadir J

Asisten Manager Timnas U-19 Sumarji menilai dengan usia yang rata-rata berkisar 17-18, mental mereka belum terbentuk secara maksimal. Itu sebabnya butuh bantuan orang lain. Misalnya seorang psikolog atau motivator.

"Anda bisa lihat saat laga pertama melawan Vietnam, mental dan skema permainan tidak berkembang. Ini selalu menjadi problem saat Indonesia main di laga pertama. Itu harus menjadi koreksi STY agar setiap laga pertama sudah langsung tune in. Langsung ngegas," tuturnya.

Terkait dengan usulan Sumarji itu, Shin Tae-yong mengungkapkan juga pernah memakai psikolog dan motivator selama di Korea Selatan, tetapi hasilnya tidak bagus. Namun, jika psikolog dan motivator itu mengetahui bola dan suka bola hasilnya bisa beda.

"Akan lebih baik, jika ketua umum, manager, bisa memberikan motivasi pemain pada sesi yang lain dengan waktu yang lebih lama. Bisa juga mengumpulkan pemain di tempat tertentu dan diberikan motivasi," ujar STY.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Rachmat Fahzry
JOIN US
JOIN US