The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

14 Negara yang sudah Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022, Iran Jadi Wakil Asia Pertama
Pemain timnas Irak merayakan kelolosan mereka ke Piala Dunia 2022. (REUTERS/WANA NEWS AGENCY)
Soccer

14 Negara yang sudah Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022, Iran Jadi Wakil Asia Pertama

Sabtu, 29 Januari 2022 09:18 WIB 29 Januari 2022, 09:18 WIB

INDOZONE.ID - Sejauh ini, terdapat 14 negara yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar November mendatang. Iran menjadi wakil Asia pertama yang memesan tiket ke Timur Tengah setelah tuan rumah Qatar yang lolos otomatis.

Ke-14 negara itu datang dari berbagai belahan dunia di mana Eropa menyumbang 10 tim yakni Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, dan Belanda.

Kemudian ada 2 wakil Amerika Selatan yaitu Brazil dan Argentina serta 2 tim Asia yakni Qatar dan Iran.

Iran juga menjadi tim terbaru yang melenggang ke Piala Dunia 2022 usai menaklukkan Irak 1-0, Jumat (29/1/2022) dini hari WIB. Kemenangan Iran atas Irak berkat gol tunggal Mehdi Taremi di mana penyerang FC Porto itu menyelesaikan umpan Alireza Jahanbakhsh pada menit ke-48.

Dengan kemenangan tersebut, Iran mengumpulkan 19 poin dari 7 pertandingan yang sudah mereka jalani dan bertengger di puncak klasemen sementara Grup A. 

Iran memastikan diri finis di posisi 2 teratas klasemen akhir Grup A karena unggul 10 poin atas Uni Emirat Arab yang berada di posisi ketiga dan fase kualifikasi putaran ketiga hanya menyisakan 3 pertandingan lagi.

Dengan kelolosan kali ini, Iran untuk pertama kalinya akan tampil di putaran final Piala Dunia dalam 3 edisi beruntun.

Berikut 14 negara yang sudah lolos ke Piala Dunia Qatar 2022:

1. Argentina 

Argentina di memastikan tempat di Piala Dunia 2022 pada November 2021 menyusul hasil imbang tanpa gol dengan rival bebuyutannya Brasil.

Tim asuhan Lionel Scaloni memenangkan Copa America pada bulan Juli dan akan berjuang untuk mahkota Piala Dunia ketiga mereka.

2. Brazil

Kemenangan 1-0 melawan Kolombia pada November membuat Brazil dipastikan sebagai tim pertama yang lolos dari babak kualifikasi zona Amerika Selatan.

Setelah menguasai Piala Dunia dalam rekor 5 kali kesempatan, pasukan Tite berambisi merengkuh gelar pertama sejak 2002.

3. Belgia

Belgia tetap tak terkalahkan di kualifikasi Piala Dunia untuk melenggang di depan tim-tim seperti Wales dan Republik Ceko. Red Devils berambisi untuk melangkah lebih jauh dari status mereka sebagai juara ketiga di Rusia 2018 lalu.

4. Kroasia

Kroasia menalukkan Rusia untuk melaju ke Qatar setelah gol bunuh diri kocak yang memberi mereka kemenangan 1-0.

Generasi emas Kroasia yang finis sebagai runner-up Piala Dunia 2018 mungkin memudar, tetapi mereka masih bisa memanggil pemain veteran seperti Luka Modric dan Ivan Perisic.

5. Denmark

Denmark lolos dari kualifikasi Piala Dunia dengan kemenangan kandang 1-0 atas Austria pada Oktober lalu.

Ini menjadi penampilan Piala Dunia keenam mereka dan Denmark telah hadir di 4 dari 6 turnamen terakhir serta berharap melangkah lebih jauh dari masuk perempat final pada tahun 1998.

Baca Juga: Real Madrid hingga Barcelona Bakal Main di Stadion JIS, Catat Tanggalnya!

6. Inggris

Inggris memastikan tempat mereka di Qatar 2022 dengan cara yang mengesankan, dengan kemenangan 10-0 atas tim kecil San Marino.

Setelah lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 sebelum kalah di final EURO 2020 dari Italia melalui adu penalti, para penggemar The Three Lions berharap bisa melangkah lebih jauh di Qatar dan mengangkat trofi pertama sejak 1966.

7. Prancis

Juara bertahan Prancis membukukan tempat mereka di final dengan kemenangan telak 8-0 atas Kazakhstan pada pertengahan November.

Meskipun kecewa di EURO 2020, Les Blues berharap menjadi satu-satunya tim ketiga yang memenangkan Piala Dunia berturut-turut.

8. Jerman

Jerman menjadi tim pertama yang secara resmi lolos ke Piala Dunia, mengamankan posisi teratas Grup J bagian Eropa dengan kemenangan 4-0 atas Makedonia Utara pada Oktober.

Tujuh kemenangan dari 8 pertandingan pembuka mereka terbukti cukup bagi Die Mannschaft untuk mengamankan tempat di Qatar. Edisi ini akan menjadi kesempatan mereka untuk memperbaiki kesalahan di Rusia 2018 lalu yang membuat Jerman tersingkir di babak penyisihan grup.

9. Belanda

Kemenangan 2-0 atas Norwegia mengukuhkan tempat Piala Dunia Belanda sebagai pemenang Grup G.

Belanda gagal lolos pada 2018, yang berarti pemain seperti Virgil van Dijk, Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt akan merasakan pertunjukan internasional pertama mereka di Qatar.

10. Serbia

Serbia lolos dengan cara yang sulit dengan kemenangan comeback melawan Portugal di Lisbon.

Aleksandar Mitrovic menebus kesalahan penalti yang membuat Eagles gagal di EURO 2020 dengan mencetak gol pada menit ke-90 untuk mengirim mereka ke Qatar.

11. Spanyol

Spanyol hanya membutuhkan 1 poin melawan Swedia untuk mengamankan tempat mereka di Qatar, tetapi mereka mendapatkan 3 poin berkat gol telat Alvaro Morata yang membuat tim Skandinavia itu harus berjuang lagi di babak play-off.

Setelah memenangkan 3 turnamen berturut-turut antara 2008 hingga 2012, tim asuhan Luis Enrique jelas sedang membangun masa depan.

12. Swiss

Swiss melaju ke Piala Dunia 2022 dengan cara dramatis yakni menyingkirkan juara EURO 2020, Italia. Swiss akan membuat penampilan Piala Dunia ke-12 mereka, tetapi belum mencapai tahap perempat final sejak 1954.

13. Qatar

Sebagai negara tuan rumah, Qatar lolos otomatis ke putaran final tanpa harus melalui kualifikasi dan akan melakukan debut Piala Dunia mereka.

Dalam 21 turnamen sebelumnya, hanya Afrika Selatan pada tahun 2010 yang gagal mencapai setidaknya babak sistem gugur sebagai negara tuan rumah – meskipun Qatar harus bekerja keras untuk menghindari nasib yang sama jika dilihat dari peringkat resmi.

14. Iran

Penyerang Porto, Mehdi Taremi mencetak gol penentu dalam kemenangan 1-0 melawan Irak untuk menyegel tempat pasukan Dragan Skocic di Piala Dunia ketiga mereka berturut-turut.

Iran gagal gagal lolos dari kualifikasi grup pada 2018 dan akan berharap untuk mencapai babak sistem gugur untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka kali ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US