The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Rekor yang Dipecahkan Lionel Messi Usai Menangi Ballon d'Or 2021
Lionel Messi raih Ballon d'Or 2021. (REUTERS/Benoit Tessier)
Soccer

5 Rekor yang Dipecahkan Lionel Messi Usai Menangi Ballon d'Or 2021

Apa saja?

Rabu, 01 Desember 2021 11:43 WIB 01 Desember 2021, 11:43 WIB

INDOZONE.ID - Lionel Messi resmi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or untuk edisi 2021. Messi sukses mengalahkan dua rival terberatnya dalam persaingan memenangi gelar individu paling bergenggsi tersebut, yaitu Robert Lewandowski dan Jorginho.

Ini pun menjadi gelar ketujuh yang didapatkan Messi sepanjang karir sebagai pesepakbola profesional. Sebelumnya kapten tim nasional (Timnas) Argentina tersebut juga berhasil menyabet gelar Ballon d'Or pada edisi 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019 dan 2021.

Selain itu, Messi ternyata juga memecahkan sejumlah rekor usai resmi jadi peraih Ballon d'Or 2021. Lantas apa saja rekor-rekor yang berhasil dipecahkan oleh pemilik julukan La Pulga tersebut.

Berikut 5 Rekor yang Dipecahkan Messi Usai Menangi Ballon d'Or 2021:

5. Pemain Pertama yang Sabet 7 Ballon d'Or

Lionel Messi
Lionel Messi menangi Ballon dOr 2021 (Sportskeeda)

Ya, Messi memang menjadi pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang berhasil meraih tujuh gelar Ballon d'Or. Messi pertama kali memenangi Ballon d'Or pada 2009 ketika masih berusia 22 tahun.

Kini di usianya yang sudah memasuki 34 tahun, Messi pun kembali memenangkan Ballon d'Or 2021. Banyak yang percaya bahwa rekor pemilik gelar Ballon d'Or Messi tersebut takkan mudah disamai atau bahkan dilewati oleh pemain lain dalam waktu dekat ini.

4. Jadi Pemain Liga Prancis Pertama yang Raih Ballon d'Or di Abad Ke-21

Lionel Messi
Lionel Messi bermain di PSG (Sportskeeda)

Messi berhasil menyudahi penantian panjang pecinta sepak bola Liga Prancis untuk bisa melihat pemain di kompetisi tersebut memenangkan gelar Ballon d'Or. Ya, selama pergantian abad memang belum ada lagi pemain Liga Prancis yang memenangi gelar tersebut.

Bahkan terakhir kali pemain Liga Prancis yang sukses membawa pulang gelar Ballon d'Or adalah Jean-Pierre Papin pada 1991 silam. Papin dinobatkan jadi peraih Ballon d'Or usai membantu Olympique Marseille menjuarai European Cup atau kini Liga Champions.

3. Jadi Pemain PSG Pertama yang Menangi Ballon d'Or

Lionel Messi
Lionel Messi main di PSG (Sportskeeda)

Sebelum kehadiran Messi, para penggemar Paris Saint-Germain (PSG) memang tidak pernah melihat pemain tim kesayangan mereka menjuarai Ballon d'Or. George Weah jadi satu-satunya pemain yang hampir memenangi Ballon d'Or dalam balutan seragam PSG.

Akan tetapi Weah justru memutuskan pindah ke AC Milan pada musim panas 1995 atau hanya berjarak 5 bulan dari pengumuman pemenang Ballon d'Or. Kini penantian panjang PSG melihat pemainnya memenangi Ballon d'Or akhirnya tuntas usai Messi jadi juara di edisi 2021.

2. Pemain yang Menangi Ballon d'Or di Tiga Dekade Berbeda

Lionel Messi
Lionel Messi saat masih bermain di Barcelona (Sportskeeda)

Messi sukses memenangi Ballon d'Or dalam tiga dekade berbeda dalam sejarah sepak bola. Ya, Messi pertama kali memenangi Ballon d'Or di akhir 2000-an. Sementara di 2010-an, Messi benar-benar mendominasi dengan memenangi lima gelar Ballon d'Or.

Sementara di awal 2020-an, Messi kembali mendapatkan kesempatan berada di podium kemenangan Ballon d'Or. Catatan tersebut dipercaya takkan mampu diulangi oleh pemain lain dalam kurun waktu yang lama.

1. Jadi Pemenang Ballon d'Or Tertua di Abad Ke-21

Lionel Messi
Lionel Messi menangi Ballon dOr (Sportskeeda)

Banyak yang  tidak menyangka bahwa Messi bakal kembali menjadi pemenang Ballon d'Or untuk edisi 2021. Pasalnya saat ini, Messi sendiri sudah memasuki usia pensiun sebagai pesepakbola profesional.

Kapten Timnas Argentina tersebut memangi Ballon d'Or 2021 di usia 34 tahun 159 hari. Messi sukses mengalahkan rekor Fabio Cannavaro (Ballon d'Or 2006) dan Luka Modric (Ballon d'Or 2018) yang sama-sama berusia 33 tahun kala memenangi gelar tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Mochamad Rezhatama Herdanu
JOIN US
JOIN US